• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Harus Tahu!!! Banjir dan Tanah Longsor, beserta Penyebabnya

    Postnewstv.co.id
    Tuesday, November 29, 2022, 21:25 WIB Last Updated 2022-11-29T14:25:39Z


    Banyuwangi
    , - Pada musim hujan yang saat ini terjadi tiap hari,  kita perlu  mewaspadai bersama akan bencana banjir dan tanah longsor yang  mengintai. Untuk itu, warga masyarakat hari bisa memahami pengertian banjir dan tanah longsor serta penyebab banjir dan tanah longsor.


    Kita harus menyadari, bahwasanya bencana banjir adalah peristiwa ketika air menggenangi suatu wilayah yang biasanya tidak digenangi air dalam jangka waktu tertentu. Banjir biasanya terjadi ketika hujan turun terus- menerus dan mengakibatkan meluapnya aliran sungai.


    Dan untuk tanah longsor adalah salah satu jenis gerakan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng akibat kayu-kayu penyangganya sudah berkurang atau dipotong oleh oknum-oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Hanya memikirkan dirinya sendiri, tidak memikirkan masyarakat luas, terutama anak cucu kita.


    Bencana tersebut biasanya terjadi sangat cepat dan menyulitkan evakuasi. Material longsor bisa menimbun apa saja di jalur longsoran dan berisiko menelan korban jiwa. Dan material longsor itu juga bisa merusak seluruh bangunan, entah itu bangunan rumah masyarakat atau bangunan dan fasilitas umum. 


    Terus kalau sudah terjadi bencana banjir disertai lumpur dan bebatuan dikarenakan terjadi longsor, siapa yang salah? Apakah akibat manusia bencana itu terjadi atau karena faktor alam.


    Seperti diketahui bersama, banjir disertai material lumpur dan bebatuan, setiap hujan turun agak lama, banjir tersebut selalu menghantui warga masyarakat didusun Barurejo maupun didusun Krajan desa Kalibarumanis, kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Senin 28 November 2022 sekira pukul 16.00 Wib , banjir terjadi lagi di dua dusun yang ada di desa Kalibarumanis. Terpantau air tersebut membawa material bebatuan dan lumpur yang mengarah ke perumahan warga dan Jalan Nasional Jember-Banyuwangi. Akibat banjir tersebut yang terjadi kemarin, pantauan Post News TV dilokasi mengakibat kemacetan. Dikarenakan bebatuan dan lumpur yang dibawa air banjir itu menumpuk dibadan jalan. Dan arus lalu lintas di dari kedua arah dilakukan buka tutup oleh puluhan warga setempat.


    MS

    Komentar

    Tampilkan