• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Mantap!!! Tidak Mau Terjadi Banjir Lagi, Hari Sas Kerahkan Warga Bersihkan Saluran Drainase, Terimaksih Pak Syamsul Arifin, S.H

    Postnewstv.co.id
    Wednesday, November 23, 2022, 13:43 WIB Last Updated 2022-11-23T06:43:42Z


    Banyuwangi
    , - Dalam antisipasi terjadi banjir lagi, Tokoh masyarakat RT 01/RW 05, dusun Krajan, desa Kalibaruwetan, tepatnya diwilayah lor ban Aresy, yakni Hari Sas bersama puluhan masyarakat setempat membersihkan saluran drainase yang dipenuhi sampah pasca banjir bandang yang terjadi pada 4 November 2022 lalu. Giat sosial melakukan pembersihan saluran air itu warga setempat terlihat kompak mengangkat sampah. Rabu, 23/11/2022. 


    Secara bahu membahu, Hari Sas yang juga selaku korban banjir bandang membersihkan saluran air dan pengerukan daerah saluran drainase.


    Upaya kebersihan saluran air itu bukan kali pertama, bahkan kerap dilakukan, sebelum banjir bandang terjadi. Karena instentitas beberapa bulan terkahir sangat tinggi, setiap hujan turun pasti terjadi banjir kecil yang menggenangi wilyah lor ban, khususnya dilingkungan Aresy. Dan pada tanggal 4 November 2022 lalu terjadi bencana banjir bandang yang meluluh lantakkan rumah-rumah warga yang berada Dibeberapa RW didusun Krajan lor ban. Khususnya banjir tersebut merobohkan bangunan rumah warga di RT 01/RW 05 lingkungan Aresy.


    “ Sebelum banjir bandang terjadi, dilingkungan RT 01/RW 05 ini setiap hujan turun, memang sudah menjadi tempat langganan banjir. Namun tidak sampek merusak bangunan-bangunan warga, kami menganggap banjir kecil saja. Kami warga disini tidak menduga akan bakal terjadi banjir bandang pada 4 November 2022 yang lalu. Ya sampean bisa lihat sendiri puluhan rumah warga rata dengan tanah, harta benda warga banyak terbawa derasnya air yang bercampur lumpur dan meterial kayu-kayuan. Kenapa Sampek terjadi banjir bandang, karena PTPN XII kebun Jatirono Alih fungsi lahan ke tanaman tebu. Dan pagi hari ini kami bersama warga membenahi saluran-saluran drenase yang dipenuhi oleh sampah dan apabila disaluran tersebut setelah sampahnya kami bersihkan dan ditemukan yang bolong-bolong, kami lakukan penyemenan. Sebelum giat gotong royong kerja bakti kami lakukan, Saya   terlebih dahulu sudah melakukan sosialisasi untuk membersihkan saluran air agar mencegah dampak pasca banjir,” katanya


    Selain itu, Upaya lain yang telah dilaksanakan di wilayah tersebut dengan memperbaiki dan mengeruk lumpur disaluran drainase.


    Diharapkan upaya ini bisa mencegah banjir atau setidaknya mengurangi luapan banjir, apabila hujan dengan intensitas deras terjadi.


    “Semoga saja dengan ada sosialisasi dan upaya lainnya dapat mencegah banjir besar seperti tanggal 4 November 2022 yang lalu. Kita tetap harus waspada dengan adanya bencana banjir tersebut,” tandas Hari Sas.


    Sementara itu ditengah-tengah warga sibuk membersihkan saluran drainase, tak disangka-sangka dan tidak diduga, kedatangan Putra daerah Kalibaru, Syamsul Arifin, S.H yang statusnya selaku anggota DPRD kabupaten Banyuwangi dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ) hadir menyerahkan beberapa amplop yang berisi uang untuk dibagikan kepada para korban terdampak banjir bandang. Terpantau oleh media Post News TV,  Syamsul Arifin,.S.H langsung menyerahkan amplop yang berisi uang tersebut kepada perwakilan warga dilingkungan RT 01/ RW 05, yakni kepada Hari Sas.


    " Semoga sedikit bantuan ini bisa meringankan Saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir bandang. Dan bantuan ini murni dari dana pribadi keluarga kami mas?," Kata Sayamsul kepada Post News TV.


    Masih kata Syamsul berharap kepada masyarakat setempat juga harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


    “Oleh sebabnya sangat penting membersihkan drainase maupun lingkungan sekitar rumah agar tidak mudah terjadi banjir. Seperti yang warga pagi ini lakukan. Ia berharap, semangat gotong-royong masyarakat terjalin kembali untuk membangun kebersamaan dan menjaga keindahan lingkungan serta mencegah terjadinya bencana banjir lagi," jelasnya.


    Ditempat yang sama, Hari Sas mewakili warga lainnya yang menjadi korban banjir bandang mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Syamsul Arifin,S.H yang telah beberapa kali datang memberikan bantuan.


    " Kami mewakili warga lainnya mengungkapkan terima kasih kepada Pak Syamsul Arifin, yang telah membantu kami," ucap Hari Sas.


    Dilokasi juga terpantau oleh Post News TV, puluhan warga tersebut juga membenahi akses jalan yang menuju ke Mushola Nurul Hidayah Aresy lor ban.  


    (MS)

    Komentar

    Tampilkan