• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Wakil Bupati Nias Utara Membuka Secara Resmi Seminar Budaya Nias Utara

    Postnewstv.co.id
    Tuesday, November 22, 2022, 13:18 WIB Last Updated 2022-11-22T06:18:57Z


    Lotu Nias Utara
    , - Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega,A.Pi.,M.Si membuka Secara resmi acara Seminar Budaya Nias Utara,Tema "FONDRAKO"yang di laksanakan di Aula Pendopo Nias Utara,Selasa,22/11/2022.


    Kata Pembukaan dari Yurman Waruwu mengatakan sebelum melanjutkan maka mengucapkan Yel yel Go Tafaeri "Nias Utara Maju"juga memperkenalkan Nara Sumber Baziduhu Zebua alias Ama Cece,(Peranan FONDRAKO dalam Kehidupan Masyarakat Nias Utara)Laoli Waruwu alias Ama Fira,"Selayang Pandang FONDRAKO di Setiap Kecamatan" Yediziduhu Zega,"Aktualisasi FONDRAKO Masa kini dan Masa yang Akan datang Tujuan Seminar ini Bukan sebuah Keputusan dan bukan untuk memutuskan hanya untuk mengingatkan kita kembali.


    Nara Sumber Baziduhu Zebua (peranan Fondako dalam kehidupan Masyarakat Nias Utara) mengatakan Suku Nias memiliki Budaya tersendiri yang Khas Dan Unik yang membedakan nya dengan Suku- Suku Lain, sebenarnya suku Nias Cukup bangga dengan leluhurnya yang memiliki kebudayaan yang cukup tinggi dengan visi yang jauh kedepan.


    Nara Sumber Faoli Waruwu "Selayang Pandang FONDRAKO di Setiap Kecamatan" mengatakan Seminar Budaya ini adalah menyamakan,Pendapat dalam budaya,Adat maka ada beberapa hal cara berpikir orang Tua kita,pada zaman dulu,dimana FONDRAKO silima Ina di Faeruara nidano Ndao ba nidano Lafau.


    Nara Sumber Yediziduhu Zega,alias Ama Lestari materi yang di bawakan "Aktualisasi Fondrako Masa Kini dan Masa Akan Datang mengatakan bagaimana kita melestarikan dan menyederhanakan Fondrako agar jangan Pernah Punah di kalangan masyarakat.


    Untuk memajukan kebudayaan Nasional dan telah ditetapkan langkah strategis berupa upaya pemajuan kebudayaan sebagaimana tertuang dalam undang undang No:5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.


    Arahan dan Bimbingan dari Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega,A.Pi.,M.Si.mengatakan ini adalah kegiatan ini Dewan Kebudayaan Nias Utara yang di fasilitasi HUT Hari jadi Nias Utara Ke-14,Go Tafaeri "Nias Utara Maju".dan pada era kemajuan ini di mana masa sekarang ini kita tidak mesti masak lagi hanya buat aplikasi Gojek Online udah bisa kita pesan makanan apa saja,dan kita harapkan dengan adanya seminar Budaya ini mengingatkan kita kembali dalam Kebersamaan,dan harapan kami kepada anak anak Kami Siswa SMA ini agar mengikuti sampai selesai,acara ini.


    Turut hadir Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega,A.Pi.,M.Si, Baziduhu Zebua, Faoli Waruwu, Yediziduhu Zega, sebagai Nara Sumber, dan juga turut hadir Mantan Ketua DPRD Nias Utara Rasali Zalukhu, S.Ag,M.M. dari Lahewa Gatiaokhi Waruwu,Asli Lase alias Ama Jaya,Sua meirling Lase,alias Ama Leli, Hatisaro Zebua alias Ama Retha,Marius Zalukh alias Ama Desri Zalukhu,Ingati Waruwu, Ama Lenti Waruwu,Ama Rianto Waruwu Semua Kepala OPD, seluruh Camat Se - Kabupaten Nias Utara,utusan Ketua adat tiap Kecamatan SE - Kabupaten Nias Utara.


    Pewarta: Asli Lase

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan