• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Aipda Hermansyah S.H Kanit Binmas Polsek Kalibaru Budidaya Jamur Tiram

    Postnewstv.co.id
    Monday, December 26, 2022, 19:58 WIB Last Updated 2022-12-26T12:58:37Z


    Banyuwangi
    , - Aipda Hermansyah S.H, seorang anggota polisi di Polsek Kalibaru Polresta Banyuwangi, Polda Jawa Timur,  mempunyai ide kreatif dengan mengembangkan budidaya jamur tiram di pekarangan rumahnya. Hasil budidaya itu nanti akan dipasarkan olehnya melalui para pedagang maupun secara online, Selain itu usaha ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar tempat tinggalnya.


    Seperti apa kisahnya?

    Aipda Hermansyah terlihat' tampak cekatan mengaduk serbuk kayu, dedak, gipsum casting (kapur) dan sejumlah bahan lainnya. Setelah kalis, bahan tersebut didiamkan untuk beberapa waktu. Lalu serbuk itu dipadatkan kedalam plastik berukuran 1 Kg yang kemudian dijadikan media tanam (baglog) jamur tiram.


    Aktivitas membuat wadah tanam tempat meletakkan bibit jamur itu sudah dilakukan Aipda Hermansyah sejak beberapa hari terakhir. Pada kantung serbuk kayu berbentuk silinder itu, Hermansyah menitipkan asa agar rezekinya bermekaran bersamaan mekarnya sayuran bernama latin Pleurotus Ostreatus.


    Ditemui Post News TV pada [ 26/12/2022 ] sekira pukul 19.32 Wib Ia bercerita, sebelumnya dirinya sudah mempunyai usaha ayam potong. Dan dirinya sekarang mempunyai ide untuk budidaya jamur tiram, namun masih dalam skala kecil. Berbekal pengalaman tersebut, Aipda Hermansyah lantas mengembangkan usaha tersebut sebagai usaha keluarga yang bertempat tinggal di dusun Tegalpakis, desa Kalibaruwetan, kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi.


    “Budidaya jamur ini kami lakukan pertama kali mas? Semoga hasilnya cukup bagus. Saat ini kami mencoba merintisnya menjadi usaha keluarga, dengan harapan bisa produksi lebih banyak, dan kalau ini nantinya berkembang, harapan kami bisa membantu para tetangga sekitar. terkait lapangan pekerjaan,” ujarnya saat ditemui, Senin (26/12/2022).


    Masih kata Hermansyah, berbudaya jamur tiram terbilang cukup mudah jika mengetahui tekniknya. Untuk menghasilkan jamur yang berkualitas, bisa dimulai dengan mempersiapkan baglog yang steril, lalu bibit jamur tiram, kumbung atau ruang tempat tumbuhnya jamur.


    “Umumnya komposisi baglog terdiri dari serbuk kayu yang mudah lapuk, dedak, pupuk kompos, kapur, serta air. Komposisi penggunaan bahan-bahan ini berbeda-beda tergantung pada kebutuhan,” pungkasnya. 


    Penulis : MS

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan