• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Antisipasi Banjir, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Sungai

    Postnewstv.co.id
    Friday, December 16, 2022, 09:56 WIB Last Updated 2022-12-16T02:56:40Z


    Banyuwangi
    , - Pada musim penghujan, warga  RT 01, RT 02/ RW 01, dusun Krajan, desa Banyuanyar, kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi bersama Babinsa Koramil 0825/05 Kalibaru dan Bhabinkamtibmas Polsek Kalibaru melaksanakan kerja bakti bersih-bersih tumpukan sampah di saluran air didesanya, Jumat (16/12/2022) sekira pukul 07.00 Wib sampai dengan selesai.


    Selain Babinsa Koramil 0825/05 Kalibaru, Kodim 0825 Banyuwangi kegiatan gotong-royong juga diikuti anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kalibaru dan  perangkat desa Banyuanyar serta relawan BPBD kabupaten Banyuwangi.


    Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Eko Julianto ramadhan m.t.r.(Han), melalui Danramil 0825/05 Kalibaru Kapten Arm Edy Tri Santoso mengatakan, dalam melaksanakan pembinaan teritorial, Babinsa harus selalu aktif terjun di tengah-tengah masyarakat.


    “Selain itu, Babinsa harus bisa memberikan contoh dan teladan, serta membawa dampak positif bagi lingkungan daerah binaannya,” kata Danramil 0825/05 Kalibaru.


    Ditegaskan, sebagai ujung tombak satuan teritorial di lapangan, aparat Babinsa terus membangun tali silaturahmi dan kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat, untuk dapat mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat guna menciptakan ketahanan wilayah yang kuat.


    “Warga di sini masih menjunjung tinggi budaya kearifan lokal, salah satunya gotong-oyong dalam setiap kegiatan, seperti pada kerja bakti bersih-bersih saluran di desa Banyuanyar ini,” tandasnya.


    Dilokasi terpantau, warga bersama Babinsa terlihat bahu membahu mengangkat sampah yang menghambat arus air kali, sekaligus pembersihan alang-alang dan rumput liar yang menghambat aliran air.


    Sementara itu, Babinsa Koramil 0825/05 Kalibaru, Kodim 0825 Banyuwangi Sertu Bambang Heri Ariga

    mengaku, tujuan kegiatan ini, agar tidak terjadi sumbatan di saluran air saat terjadi turun hujan, air mengalir dengan lancar, dan mengurangi sarang nyamuk.


    “Selain itu juga menghilangkan bau busuk, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi,“ ujarnya.


    Sertu Heri menjelaskan, pembersihan sampah dan rumput dalam rangka antisipasi banjir di musim penghujan.


    “Pembersihan rumput menggunakan berbagai peralatan. Yakni mesin pemotong rumput, parang,  dan selanjutnya sampah -sampah tersebut kami bakar,” pungkasnya.


    Sementara itu ditempat yang sama Brigadir Candra  mengatakan bahwa selaku anggota Bhabinkamtibmas saya harus selalu aktif dalam membantu kegiatan warga masyarakat di Wilayah binaan saya  yang salah satunya yaitu melaksanakan kerja bakti bersama warga untuk mempererat kebersamaan dan semangat gotong royong.


    “Saya sebagai Bhabinkamtibmas harus selalu aktif dan hadir dalam setiap kegiatan masyarakat di desa”, ucap Brigadir Candra.


    Sementara itu, ditempat terpisah Kapolsek Kalibaru Iptu Yaman Adinata menambahkan bahwa keikutsertaan Bhabinkamtibmas di dalam setiap kegiatan masyarakat merupakan perintah dari pimpinan Polri dan wajib hadir dalam setiap kegiatan.


    Lebih lanjut Kapolsek juga mengimbuhkan bahwa kerja bakti yang dilaksanakan oleh Pemerintah desa Banyuanyar bersama-sama warga adalah sebagai wujud kedekatan dan kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat dimana Polisi merupakan pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dan kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kemitraan antara Kepolisian dengan warga masyarakat.


    “Tugas Polisi tidak hanya menegakkan hukum, namun juga berperilaku sosial sebagai bentuk pengayoman dan pemeliharaan khamtibmas”, pungkas Kapolsek. 


    MS

    Komentar

    Tampilkan