• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Lantik 11 Majelis Ranting, Nanda Indira : Gerakan Pramuka Wadah Membina Generasi Muda

    Thursday, December 29, 2022, 12:58 WIB Last Updated 2022-12-29T05:58:39Z


    Pesawaran --:
    Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi melantik 11  Majelis Pembimbing Ranting se-Kwarcab Pesawaran yang berlangsung di Aula Islamic Center Desa Sukaraja Kecamatan Gedong, Kamis (29/12/22).


    Ka Kwarcab Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, Gerakan  pramuka merupakan wadah  untuk  mendidik  dan membina generasi muda agar mereka menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil  dan  berpengetahuan,  sehat  dan  kuat  jasmani  serta  rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi. 


    "Karenanya, saya berharap dengan kepengurusan yang baru ini, gerakan pramuka di masing-masing Kwarran akan menjadi lebih aktif dan dapat mencetak generasi muda sebagai tunas bangsa yang lebih baik, bertanggungjawab, dapat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan ikut serta dalam pembangunan nasional," ujarnya.


    Dan dalam hal ini, Kwartir Ranting sendiri merupakan perpanjangan tangan dari kwartir cabang gerakan   pramuka   yang   memiliki   peran   penting   dalam   pembinaan gerakan pramuka di tingkat ranting/kecamatan, sehingga dengan dilantiknya kepengurusan yang baru ini diharapkan untuk selalu merespon positif dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan Gerakan Pramuka di Kwarran, sekaligus menyempurnakan serta meningkatkan pendayagunaan potensi Kwartir Ranting, yaitu Sumber  Daya  Manusia,  materi  pendidikan,  sistem pembinaan dan manajemen organisasi.


    "Oleh sebab itu, kepada para camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Ka.Mabiran), saya mengimbau agar dapat memberikan dukungan yang optimal kepada Gerakan Pramuka Kwartir Ranting di kacamatan masing-masing,  karena  dalam  pembinaan  gerakan  pramuka  kwartir ranting tidak dapat berjalan sendiri, tetapi harus mendapatkan dukungan dari pemerintah yang secara ex-officio menjabat sebagai Majelis Pembimbing Ranting di tingkat kecamatan atau dalam pramuka disebut Kwartir Ranting," kata dia.


    Dijelaskan, dukungan yang dimaksudkan yakni dapat berupa memberikan fasilitasi keberadaan sekretariat Kwartir Ranting sebagai wadah bagi pengurus Kwarran untuk merencanakan dan melaksanaakan fungsi koordinasi dan pembinaan Gerakan  Pramuka di tingkat Kwarran. 


    "Selain itu, juga dengan dapat melibatkan  para pengurus    kwarran dan adik-adik  Dewan Kerja Ranting dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kecamatan dan desa, itu pun merupakan salah satu bentuk dukungan sebagaimana yang dimaksud," jelas Nanda.


    Terlebih, dalam waktu dekat ini kwartir cabang (Kwarcab) akan melakukan beberapa kegiatan yang menjadi prioritas, diantaranya adalah registrasi gugus depan dan  penyusunan  data  potensi  Gerakan Pramuka,  sehingga  menjadi  tugas pertama  dari  pengurus  yang dilantik hari ini untuk menyiapkan data yang dibutuhkan guna tersedianya data akurat menyangkut jumlah peserta aktif gerakan pramuka, jumlah pelatih dan pembina yang berkualifikasi mahir di masing-masing  Kwarran.  


    "Apalagi nanti akan  dilakukan Lomba LT III  tahun 2023,  sehingga   diharapkan   peran serta para pengurus yang baru dilantik guna mempersiapkan kesiapan adik-adik   penggalang   untuk  mengikuti   kegiatan  Lomba LT III tersebut," harapnya.


    Sementara itu, perwakilan Ka Mabiran Kecamatan Gedong Tataan Syukur, mengungkapkan rasa bangga serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kwarcab Pesawaran dikarenakan telah memberikan kepercayaan kepada para camat untuk mengemban amanah tersebut.


    "Dan kami selaku Ka Mabiran akan berusaha memberikan yang terbaik demi kemaslahatan Gerakan Pramuka di Bumi Andan Jejama ini," ucap Syukur.

    Komentar

    Tampilkan