• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Program Sedekah Tengkat Camat Tebing Tinggi Mulai Dilakukan Oleh Warga

    Wednesday, December 7, 2022, 19:37 WIB Last Updated 2022-12-07T12:37:23Z


    Empat Lawang, Sumsel -
    Perlahan tapi pasti itulah  program yang diluncurkan Camat Tebing Tinggi dengan label sedekah tengkat (rantang) demi mempertahankan budaya daerah Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan. Rabu (07/12/2022).



    Program sedekah tengkat dilaksanakan belum sampai satu tahun, tapi tekat kedepannya masyarakat akan paham sehingga program ini menjadi budaya baru bagi Tebing Tinggi. Masih banyak masyarakat yang belum paham akan program sedekah tengkat. Banyak menganggap sedekah tengkat bukan barang asing bagi masyarakat Tebing Tinggi" Terang Camat Noperman.



    Setiap ada hajat, tuan rumah memberikan tengkat yang tentu sudah diisi makanan siap makan kepada para tokoh pemerintah maupun masyarakat atau yang dianggap yang terhormat. Selain itu juga diberikan kepada keluarga atau tetangga yang sebelumnya datang membantu tuan rumah hajatan baik memberikan bahan masakan (biasanya satu ekor ayam atau bahan lainnya seperti beras, gula, kelapa dan sebagainya) maupun ikut repot menyiapkan atau memasak menu hajatan. 



    Sementara sedekah tengkat dilaksanakan melalui perantara kepala desa, kepala dusun, lurah  dan RT/RW. Mereka menitipkan beberapa tengkat untuk diisi oleh yang punya hajat dengan menu yang ada tanpa paksaan (keikhlasan tuan hajat). Selanjutnya yang menitipkan tengkat akan mengambil tengkat yang titipkan untuk diberikan kepada kaum dhuafa yang ada di Tebing Tinggi, khususnya yang menjadi tetanggga yang punya hajat. 



    Yang lebih abdol lagi jika sedekah tengkat langsung diberikan oleh pasangan pengantin. Hari ini pasangan pengantin Septi Mayang Sari Bangun,SE dan Praka Daniel Fernando melakukan proses sedekah tengkat kepada kaum dhuafa di RT 03 RW 01 kelurahan Jayaloka bernama nenek Saelan, Ahya, Tumini dan Soleha. Yang lebih istimewa lagi sedekah tengkat dilakukan dengan disaksikan Camat Tebing Tinggi dan Lurah Jayaloka beserta staf.



    Ketua RT 03 Herlan maupun RW 03 Kader Irawan merasa lega bisa melaksanakan sedekah tengkat dan semoga dapat diikuti oleh yang lain, dilain waktu dan tempat. Ucap camat Tebing Tinggi didepan pasangan pengantin maupun kedua orang tua mereka yang berbahagia.



    Yakinlah fhoto kalian memberikan sedekah tengkat kepada kaum dhuafa sepertinya biasa saja, tapi ingatlah beberapa tahun kedepan fhoto yang tercetak akan bermakna dan sangat indah untuk dikenang serta menjadi amal kebaikan yang akan diikuti pasangan pengantin yang lainnya" Kata Camat Noperman Subhi.



    Pewarta : Gusman/Andri.

    Admin    : Sandri,SE.

    Komentar

    Tampilkan