• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    PWI Sumut Buka seleksi Ujian Masuk Anggota, 4 Wartawan Asal Tanjungbalai Ikut Sebagai Peserta Calon Anggota Muda

    Monday, December 26, 2022, 17:39 WIB Last Updated 2022-12-26T10:41:53Z

    Keterangan Gambar: 4 Wartawan Tanjungbalai Ikut Ujian Anggota PWI Tanjungbalai di Medan

    Medan, 
    - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara membuka seleksi ujian masuk anggota Muda dan kenaikan tingkat anggota Biasa di ballroom Swissbellin hotel, Medan, Senin (26/12/2022) 


    Dari seratus calon anggota yang mendaftar, 4 diantara nya  wartawan dari Kota Tanjungbalai ikut sebagai peserta calon anggota muda  PWI.


    Adapun nama peserta yang mengikuti seleksi ujian PWI sebagai berikut :

    1. Nama : Riki Ardiansyah

    Media Siber : matatelinga.com

    2. Nama : Muhammad Gani, S. Pd.

    Media Siber : Kliksumut.com 

    3. Nama : Hendra Syahputra

    Media Siber : Asahansatu.co.id 

    4. Nama : Ilhamsyah 

    Media Siber : Teritorial.com


    Ketua PWI Sumut H. Farianda Putra Sinik SE menginginkan wartawan yang terhimpun di PWI semakin berkualitas, baik dari segi penulisan berita maupun cara performance (penampilan) di lapangan.


    “Saya mau wartawan PWI berkualitas, saya mau ada bedanya wartawan PWI dengan non PWI baik itu dari segi pertanyaan, dari segi sikap serta dari tata cara berpenampilan,” harapnya.


    Farianda yang juga menjabat sebagai Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara menjelaskan pelaksanaan ujian penerimaan PWI tersebut bersumber dari dana APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).


    “Hari ini PWI Sumatera Utara dan SPS sengaja melaksanakan ujian penerimaan anggota PWI karena saya beberapa waktu lalu menerima masukan dari beberapa daerah termasuk dari Kabupaten Labuhan Batu tentang minimnya anggota yang terhimpun di PWI, pada saat itu saya berpikir untuk membuka kembali penerimaan anggota,” ucapnya.


    “Anggaran pelaksanaan ini PWI dan SPS menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera melalui Diskominfo. Tentunya kita ucapkan terima kasih kepada pak Gubernur atas perhatian yang diberikan untuk kita semua,” tuturnya.


    Farianda juga menjelaskan, animo wartawan dalam mengikuti UKW saat ini sudah semakin bagus. Dengan demikian ke depan pihaknya akan fokus dalam peningkatan kapasitas wartawan yang bergabung di organisasi PWI.


    “Pelaksanaan UKW yang akan dilaksanakan nanti saya lihat peserta hanya 48 orang, Berarti animo wartawan itu sudah menurun, untuk apa UKW dilakukan sering. Kita akan fokus pelatihan, workshop, orientasi dan hal-hal yang terkait dengan wartawan,” imbuhnya.


    “Kalau sudah berkualitas pasti profesional, kalau sudah profesional pasti beretika, kalau sudah beretika pasti bermartabat,” tambahnya.


    Hadir dalam ujian tertulis penerimaan anggota PWI dan kenaikan tingkat yakni, Ketua PWI Sumatera Utara, H. Farianda Putra Sinik, SE, Sekretaris, SR Hamonangan Penggabean, Wakil Ketua Bidang Organisasi Rifki Warisan, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sugiatmo, Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, Amrizal S.H., M.H, Wakil Ketua Bidang Media Siber dan Multimedia, Austin Tumenggol serta jajaran pengurus PWI Sumut lainnya.


    Di tempat terpisah, Plt Ketua Persatuan Wartawan Indonesia PWI Tanjungbalai Saufi Simangunsong berharap, emapt (4) peserta yang ikut ujian anggota PWI bisa lulus sehingga menjadi catatan bahwa regenerasi dan pengkaderan anggota PWI berjalan di Kota Tanjungbalai.


    "Ini merupakan meningkatkan kualitas dan profesionalitas serta kompetensi wartawan di daerah. Pastinya kita bangga, karena menunjukkan bahwa para jurnalis di daerah sudah berperan memperlihatkan peningkatan kapasitas, sebagai jurnalis yang profesional," kata Saufi.


    Saufi pun berharap kedepannya Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai ikut mendukung melaksanakan program UKW di Tanjungbalai agar wartawan daerah Tanjungbalai kualitasnya meningkat, semakin baik dan profesional menjalankan tugas jurnalistik. 


    Penulis : Z.E.Saragih

    Editor   : Admin

    Komentar

    Tampilkan