• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Tekan Angka ODGJ, Kepala Puskesmas Muara Pinang Bersama Dokter Jemput Bola

    Wednesday, December 7, 2022, 17:29 WIB Last Updated 2022-12-07T11:25:46Z


    Empat Lawang, Sumsel –
    Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Puskesmas Muara Pinang tengah fokus menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan. Rabu (07/12/2022)



    Melalui program bebas pasung Puskesmas Muara Pinang melakukan pendataan secara langsung yaitu door to door ke rumah untuk melihat langsung kondisi kesehatan masyarakat ODGJ dengan begitu, penanganan terhadap kondisi di lapangan akan semakin cepat terpantau. Hari ini jemput bola Desa Tanjung Tawang, Desa Lubuk Ulak, Desa Belimbing dan Desa Tanjung Kurung.



    Kepala Puskesmas Muara Pinang Titin Suryani,S.Kep.Ners.M.Ap didampingi Dr. Gusti Arlan Tio dan Dr. M Rafli Haiqal dan Polsek serta tim medis lainnya menjelaskan, banyak warga yang tidak mengetahui kalau tetangganya ada ODGJ. Biasanya ODGJ disembunyikan karena dinilai memalukan pihak keluarga karena itulah kami tim medis Puskesmas jemput bola rumah ke rumah” Terangnya.



    “Teknisnya, Puskesmas di bantu bidan desa mendata ke masyarakat yang memiliki keluarga dengan ODGJ. Selain masyarakat kita juga di bantu oleh rekan media dan Lembaga Investigasi Negara untuk membantu mendapatkan informasi dan juga mendampingi kami di lapangan dan Polsek Muara Pinang ikut mengamankan dan mendampingi. Nantinya pihak puskesmas bersama tim medis dua orang Dokter handal dengan memberikan pelayanan kesehatan langsung dan memberikan obat” Terang Titin.



    “Bahkan, pihak keluarga biasanya malu kalau ada anggota keluarga yang kena ODGJ. Makanya kita jemput bola untuk didata dan diberikan obat, kemudian kita imbau untuk datang ke Puskesmas jika obatnya sudah habis” tandasnya.



    Menurut  Dr. Gusti Arlan Tio didampingi Dr. M Rafli Haiqal menyampaikan, penyebab ODGJ adalah masalah ekonomi, lingkungan keluarga yang kurang harmonis, hingga pengaruh obat - obatan dan defresi di bawah tekanan. Ke depan akan kita full up secara terus menerus biar ke depan harapan kita pasiennya bisa sehat seperti semula” Terangnya.



    Kepala Puskesmas Titin Suryani menambahkan, target jemput bola bebas pasung di wilayah Kecamatan Muara Pinang selesai 100%. Pihak Puskesmas akan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial jika ingin di rujuk ke rumah sakit.



    Ketua Forum Kades Muara Pinang menyampaikan, Saya selaku Ketua Forum Kades sangat mengapresiasi Kepala Puskesmas Muara Pinang dan mendukung penuh kegiatan tersebut karena sangat bermanfaat buat keluarganya yang selama ini merasa tidak ada perhatian dari pemerintah sekarang ini perwakilan pemerintah turun langsung ke bawah untuk menangani ODGJ. Dan kami Forum Kepala Desa siap mendukung dan bekerjasama ke depannya untuk turun langsung ke desa - desa berkenaan apabila ada hal yang dibutuhkan dalam kegiatan itu.


    Pewarta : Sandri,SE.

    Admin    : Sandri,SE.

    Komentar

    Tampilkan