• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    AGISINA: Himbau Masyarakat Waspadai Petir dan Angin Kencang Saat Hujan

    Postnewstv.co.id
    Wednesday, January 18, 2023, 10:15 WIB Last Updated 2023-01-18T03:19:44Z


    Banyuwangi
    , - Agen Informasi Bencana ( AGISINA ) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Ismanto meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan deras disertai dengan petir dan angin kencang yang dapat mengancam keselamatan jiwa.


    "Waspadai ancaman petir, saat mendung atau mulai hujan hendaknya tidak berada di tempat terbuka," kata Ismanto selaku petugas AGISINA BPBD JATIM saat ditemui Reporter Post News TV di warung kopi yang berada di area Masjid Nurul Huda desa Kalibarumanis, pada Rabu ( 18/01/2023 ) sekira pukul 09.28 Wib. 


    Ismanto menjelaskan, pada Selasa  ( 17/01/2023) kemarin sore, diwilyah desa Singolatren sambaran petir telah mengakibatkan jatuhnya korban yang menimpa Kudsiyah (60), warga desa Cantuk, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi. Wanita lanjut usia tersebut tewas tersambar petir di sawah, tepatnya di desa Singolatren, Kecamatan Singojuruh, Selasa (17/1/2023) kemarin. Akibatnya Nyawa korban tak tertolong dengan kondisi sangat memprihatinkan. 


    " Saat kejadian kemarin itu mas, ibu Kudsiya sedang menjadi buruh pemetik buah cabai bersama dengan beberapa warga lainnya. Memang kemarin cuaca dibeberapa wilayah kabupaten Banyuwangi mendadak mendung dan hujan gerimis sampai lebat turun. Tak berselang lama, kilat menyambar disertai petir. Saat itulah, korban tersambar," kata Ismanto.


    Lanjut ismanto, untuk itu mas?, Kami menghimbau masyarakat untuk selalu waspada. Karena  dengan meningkatnya hujan, maka awan-awan Cumulonimbus melimpah ketersediaannya di atmosfer. Sel-sel awan ini dapat tumbuh besar yang dapat menghasilkan hujan deras disertai dengan petir dan angin kencang," tambah Ismanto.


    Dia mengimbau, saat mendung jangan berada di tempat terbuka seperti di sawah, lapangan, pantai, atau tempat-tempat terbuka yang tidak ada penangkal petir.


    "Apalagi membawa barang logam. Petir adalah gejala elektrostatik yang terjadi akibat perpindahan elektron muatan negatif yang berada di bagian bawah awan menarik muatan listrik positif di atas tanah. Muatan listrik yang berbeda akan saling tarik menarik sedangkan yang sejenis akan tolak menolak. Itulah mengapa pada bangunan tinggi atau rumah dipasang penangkal petir untuk mencegah kerusakan akibat petir," Jelasnya.

    Informasi yang berhasil dihimpun oleh Reporter Post News TV, sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi memprediksi hujan berpotensi turun di Banyuwangi hingga Januari ini. Masyarakat diminta waspada, terutama ketika muncul awan lebat. Sebab, berpotensi hujan, petir hingga angin kencang.  


    Penulis : MS

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan