• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Melalui Zoom Meting, Pj Bupati Paparkan Rencana Pembangunan Dry Port kepada Menko Marves

    Postnewstv.co.id
    Thursday, January 26, 2023, 07:22 WIB Last Updated 2023-01-26T00:22:33Z


    Banda Aceh
    , - PJ Bupati Bener Meriah, Haili Yoga, M.Si, paparkan rencana pembangunan Dry Port di Kabupaten Bener Meriah, kepada Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) yang di Wakili oleh Asisten Deputi Bidang Insfrastruktur konektivitas, Lukijanto melalui Zoom Meting dari Kantor Dinas Perhubungan Aceh di Banda Aceh.


    Rapat rencana pembangunan Dry Port itu juga diikuti oleh Pejabat Kementerian Perhubungan RI, diantaranya, Kepala Biro Perencanaan, Sekretaris Dirjen Perhubungan Laut, Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat dan Direktur Kepelabuhan dari Kantor Kementerian Marves. Rabu, 25/01/2023.


    Selain Penjabat Bupati Bener Meriah, rapat tersebut juga di ikuti oleh Bupati Aceh Tengah dan Bupati Gayo Lues sebagai daerah pendukung pembangunan Dry Port di Kabupaten Bener Meriah.


    Dalam kesempatan itu, PJ Bupati Bener Meriah menyampaikan potensi ekspor kopi, Ekspor Tanaman Buah dan Hortikultura di Kabupaten Bener Meriah, dimana ia menyebutkan potensi Devisa dari kabupaten Bener Meriah dan kabupaten diwilayah tengah mencapai 2 triliun Rupiah.


    “Kopi dari Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tengah mencapai 80% yang di ekspor ke Manca Negara, dan merupakan komoditi ekspor terbesar  dari Aceh, jika diakumulasikan dengan dua kabupaten lainnya, mulai dari kopi, buah-buahan dan Horti, mungkin sumbangan Desiva dapat mencapai 2 triliun Rupiah pertahunnya”, jelas Haili Yoga.


    Ia lanjutkan, “ Pembangunan Dryport adalah salah satu solusi untuk perdagangan ekspor diwilayah tengah, ini tidak terlepas karena potensi komoditi ekspor yang kami miliki, dimana saat ini para pedagang harus mengirim barangnya dari pelabuhan diluar Provinsi Aceh, sehingga mengalami peningkatan biaya yang luar biasa, dengan adanya Dryport di Bener Meriah, maka sejalan dengan rencana pengaktifan pelabuhan Lhoksemawe, sehingga dapat menekan biaya transportasi para pelaku ekspor di Aceh secara umum”, kata Pj Bupati Bener Meriah itu.


    Selain Itu, Kepala Dinas Perhubungan Aceh yang di wakili oleh Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dedi dan Kepala Bappeda Aceh yang diwakili Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur, Dedi Fahrian, ikut memberikan Paparan tentang pentingnya pembangunan Dryport di Kabupaten Bener Meriah, mereka menyampaikan beberapa aspek teknis yang menyatakan bahwa layak dilakukan pembangunan fasilitas tersebut untuk menunjang pembangunan diwilayah tengah Aceh tersebut.


    Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Bener Meriah didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah, Sayutiman, SE, MM dan jajaran Dinas terkait Dilingkungan Pemda Bener Meriah. 


    (SB)

    Komentar

    Tampilkan