• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Melestarikan Usaha Turun Temurun Produksi Ikan Asin, Zuki dan Hj Irau Berperan Terhadap Ekonomi Masyarakat Tabanio

    Postnewstv.co.id
    Thursday, January 12, 2023, 18:16 WIB Last Updated 2023-01-12T11:16:54Z

    Berbagai macam ikan asin  olah masyarakat nelayan Tabanio Tanah Laut (Tala) Peleihari ini yang sudah siap di pasarkan dan di buru oleh masyarakat pelancong untuk membeli dan menikmati nantinya sebagai masakan makanan sehari-hari

    Tabanio
    , - Ikan asin yang merupakan makanan sehari-hari bagi masyarakat Kalimantan khusus dan Indonesia umumnya. Rasa asin dan gurihnya serta nikmat nikmat yang membuat ikan dari berbagai ikan yang ada di air baik di laut maupun di sungai ini yang telah diawetkan ini, cocok di lidah banyak orang.


    Selain tahan lama, ikan asin juga bisa diolah dengan cepat untuk berbagai masakan dan mudah, sehingga banyak dijadikan makanan harian keluarga. 


    Pantai Tabanio terletak di Desa Tabanio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut (Tala) Peleihari Provinsi Kalimantan Selatan. Merupakan salah satu wisata alam dan wisata bahari di Kalimantan Selatan, karena Desa Tabanio merupakan salah satu kampung nelayan di provinsi  Kalimantan Selatan.


    Wisata Pantai Tabanio dikelola oleh masyarakat setempat. Banyak meenyajikan pemandangan indah dan alam yang segar ,sejuk dan nyaman untuk berwisata dan sekaligus melihat langsung perkampungan nelayan setempat untuk pengolahan ikan asin ini. Banyak perahu nelayan berderet di bibir tepi pantai. 


    Bagi masyarakat Tabanio yang sebagian nelayan di daerah ini, menjual ikan segar dari hasil tangkapannya ternyata bukanlah mata pencaharian paling utama. Sebagian masyarakat nelayan di daerah Tabanio ini, mencoba mencari nilai tambah dengan mengolah hasil tangkapannya menjadi ikan asin. Beraneka jenis dan macam olahan ikan yang diasinkan mulai dari jenis ikan teter, ikan telang, ikan teri bunga, ikan kakap, ikan teri belang tawar dan berbagai jenis ikan lainnya. 


    Hasil tangkapan ikan masyarskat nelayan Tabanio ini, juga mata usaha masyarakat turun menurun yang dikerjakan olehnya.


    Berbicara masalah Kabupaten Tanah Laut (Tala) Pelaihari ini, rasanya tidak menarik bila tidak membahas ikan asin khas Tabanio Tanah Laut ( Tala ) Peleihari ini. 

     

    Sebut saja Zuki bersama istrinya Hj. Irau yang mana sebagai pemilik kapal sepeninggal suaminya Hj Irau terdahulu dan anak-anaknya Sasi dan Hj Wina anak dari suami Hj Irau pertama. 


    Menurut Zuki dan Hj Irau, hasil tangkapan  ikan dari nelayan masyarakat Tabanio Tanah Laut ( Tala ) Peleihari tersebut, dijemur  terlebih dahulu dengan menggunakan garam sebagai pengasinan ikan ini, terus ditimbang dan dibungkus dengan menggunakan karung lalu dibawa ke Banjarmasin, ditempat penampungan ikan asin ini, juga sebagian dijual di daerah Banjarbaru, tepatnya di perumahan Cordoba sekumpul raya Martapura Kabupaten Banjar tepatnya di gunung rongeng oleh anaknya sebagai agen terbesar di  Banjarbaru yang  melayani jual beli dan pengiriman ke pulau Jawa melalui jasa ekspedisi JNT dan JNE.


    Sedangkan Sasi dan Hj Wina anak anak dari Zuki dan Hj Irau, Ikan-ikan tersebut dikemas dalam bentuk bungkusan yang dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung yang datang ke kota Tabanio Tanah Laut ( Tala ) Peleihari ini. Apabila anda berkunjung Desa Tabanio Kabupaten Tanah Laut (Tala) Peleihari ini, tentunya jangan sampai lupa untuk  membeli oleh-oleh ikan asin khas Tabanio Tanah Laut ( Tala) Peleihari ini tersebut yang dapat membuat nafsu makan anda semakin bertambah. Paparnya kepada post news tv.id


    Masyarakat di daerah ini, khususnya Kalimantan Selatan umumnya, mayoritas merupakan pedagang ikan asin dan dalam berbagai kemasan yang di olahnya. Bahkan produk ikan asin khas Tabanio Tanah Laut ( Tala ) Peleihari ini, telah merambah ke seluruh kota di Indonesia.

      

    “Bukan saja warga Tabanio sendiri yang senang terhadap ikan asin ini, tapi dari luar daerah pun, seperti Medan, Pekan Baru dan juga daerah ibu kota Jakarta ikut serta membeli ikan asin kemasan ini untuk dijadikan oleh-oleh dan di bawa ke kampung halamannya,” ungkapnya Zuki.

     

    Jadi, bagi anda yang sudah merasakan nikmatnya ikan asin asal Tabanio Tanah Laut ( Tala ) Peleihari ini, akan ketagihan untuk datang kembali dan membelinya lagi.

      

    Harga yang ditawarkan setiap kemasannya memang berbeda-beda, dilihat dari jenis ikannya seperti apa, tapi dapat dipastikan anda tidak sampai merogoh kocek cukup dalam, karena harganya di mulai dari Rp 50 ribu rupiah hingga Rp 200 ribu rupiah saja. Ikan asin khas Tabanio Tanah Laut ( Tala ) Peleihari ini memang memiliki cita rasa khas yang berbeda dibanding ikan asin lainnya. Bagi Anda yang penasaran langsung saja datang dan menikmati, serta berburu langsung untuk di jual kembali ke Desa Tabanio Tanah Laut ( Tala ) Peleihari ini Post newsTv.id. melaporkan


    Penulis : Gatot Noorsaputra

    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan