• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Aksi Bersih Sungai dan Gotong Royong Massal Bersama Walikota Medan Pada HPSN Tahun 2023

    Postnewstv.co.id
    Thursday, February 23, 2023, 12:43 WIB Last Updated 2023-02-23T05:43:14Z


    MEDAN
    , - Aksi bersih sungai dan Gotongroyong massal yang dihadiri Walikota Medan Bobby Nasution dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional HPSN Tahun  2023 dilaksankan di Jalan Cangkir Ujung, Kel.Seiputih tengah, Kec.Medan Petisah, Medan , Sumut, Rabu (22/2/2023).


    Ratusan orang yang terdiri dari pegawai kelurahan, petugas persampahan serta aparatur Kecamatan, terlihat membersihkan parit (Sungai putih) yang akan dijadikan pusat kegiatan tersebut.


    Menurut  Wali Kota Medan, setiap harinya Kota Medan menghasilkan sampah lebih kurang 2.000 ton. Guna mengatasi persoalan sampah tersebut, tentunya dibutuhkan dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat. Selain itu Pemko Medan akan terus mengembangkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga dapat menampung seluruh sampah yang ada, Katanya saat meninjau lokasi tersebut.


    Aksi bersih sungai ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 Tingkat Kota Medan.


    Pada giat tersebut ada beberapa ide untuk pemasangan  CCTV dilokasi parit.


    Pemasangan CCTV ini kita lakukan untuk mencegah warga yang ngeyel dan tidak bisa diberi tahu agar tidak membuang sampah ke sungai. Pemasangan CCTV itu nantinya akan menggunakan dana kelurahan,” kata Camat Medan Petisah Budi Ansyari Lubis saat  gotong royong massal membersihkan Sungai Sei Putih, 


    Mengenai jumlah CCTV yang akan dipasang, Budi belum dapat menjelaskannya. “Kita akan melihat Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Sebab, Sungai ini melintasi dua kelurahan kita yakni Kelurahan Sei Putih  Tengah dan Sei Putih Timur II. Kalau anggaran di DPA besar, CCTV bisa banyak kita pasang,” jelasnya. 


    Dikatakan Budi, kualitas CCTV yang akan dipasang nantinya harus baik sehingga  dapat dengan mudah mengidentifikasi wajah warga yang kerap membuang sampah ke dalam sungai. “Sering didapati mobil pick-up dan becak barang membuang sampah ke sungai tengah malam maupun jelang subuh,” ungkapnya.


    Ketika disinggung apakah tidak khawatir CCTV yang akan dipasang nanti hilang, Budi mengaku telah mempersiapkan antisipasi. Selain menempatkan CCTV di lokasi tersembunyi dan tinggi, keberadaan CCTV juga akan terus dipantau petugas jaga malam di kawasan tersebut. “Kemungkinan di Triwulan II CCTV sudah dipasang. Jika tidak diakhir bulan Maret, kemungkinan di awal April sudah terpasang,” ungkapnya optimis.


    Beberapa warga sekitar mengatakan, bahwa kebersihan Sungai Seiputih ini hanya sporadis, ketika pejabat pulang kebersihan sudah tidak diperdulikan lagi kata, Umar (50) yang mengaku penduduk setempat.


    (Ronald Sihombing)

    Komentar

    Tampilkan