• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Hujan Es Disertai Puting Beliung, Akibatkan Sejumlah Rumah Warga di Kecamatan Ronggurnihuta Alami Kerusakan

    Postnewstv.co.id
    Monday, February 13, 2023, 07:55 WIB Last Updated 2023-02-13T00:55:55Z


    Samosir
    , - Sekira pukul 13.30 Wib telah terjadi hujan es bercampur puting beliung di Desa Sijambur Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir, Minggu, 12/02/2023.


    Lenti Lusia Pandiangan, salah satu warga Desa Sijambur, menjelaskan kepada Posnewstv sekitar jam 13.30 Wib, hujan es bercampur angin kencang atau lebih tepatnya puting beliung datang dengan tiba tiba, sehingga merusak atap rumahnya, yang juga adalah kedai kopi". Yah, tadi itu, turun hujan deras sekali, bercampur es dan juga puting beliung, tadi itu anginnya berputar putar di atap rumah kami ini, lalu menerbangkan atap rumah ini, kami sangat ketakutan" kata Lenti sambil menangis. Dilanjutkannya, waktu kejadian mereka berada di rumah bersama dengan 2 orang warga setempat yang lagi minum kopi. "Memang tidak ada korban jiwa, atapnya aja yang terbang" tambahnya.


    Beberapa saat kemudian, setelah hujan dan anginnya reda, tampak Kepala Desa Sijambur, Judiman  Naibaho bersama warga yang mengetahui kejadian ini, segera berbondong bondong mendatangi rumah Lenti, dan selanjutnya bergotong-royong untuk memperbaiki atap rumah yang barusan dihempaskan oleh puting beliung tersebut.


    Tidak hanya itu, sekitar 100 meter dari rumah Lenti Pandiangan, tampak juga beberapa rumah yang atapnya sudah bolong, bahkan ada atap yang berpindah terbawa angin. Selain rumah warga, ada juga beberapa fasilitas umum yang mengalami kerusakan, seperti balteng penampungan air yang merupakan salah satu penampung air di Dusun Melati itu terlihat roboh ke tanah. Sebuah gudang pupuk milik Osner Kasiun Marbun juga mengalami rusak parah, yakni seluruh atap gudangnya tersebut terbawa oleh angin.


    Tidak hanya itu, kejadian ini juga mengakibatkan banyak tanam tanaman yang hancur total. Misalnya ubi kayu, cabai, kopi, dan tanaman lainnya. Banyak tanaman yang daunnya hampir habis berguguran, serta ranting dan batangnya patah seperti kena cacah. Beberapa pohon juga tumbang, tidak hanya itu,  menurut keterangan warga, ada juga tiang listrik yang tumbang sehingga mengakibatkan lampu padam.


    Penulis : Dongan. PS

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan