• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Kuatkan Ukhuwah Islamiyah, Muda-Mudi Aresy Gelar Pengajian, Peringati Isra Mi'raj

    Postnewstv.co.id
    Monday, February 27, 2023, 08:19 WIB Last Updated 2023-02-27T01:19:46Z


    Banyuwangi
    , - Pada hari Sabtu 25 Februari 2023, Minggu malam sekira pukul 19 . 00 Wib  Muda-mudi lor ban dusun Krajan desa Kalibaruwetan yang tergabung disebuah Komonitas bernama Aresy Lor Ban  menggelar pengajian Akbar, dalam rangka memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw 1444 Hijriah guna untuk memperkuat ukhuwah islamiyah antar pemuda-pemudi dan masyarakat setempat.


    Kegiatan pengajian Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw tersebut menghadirkan Kiai kondang dari kabupaten Bondowoso. Yakni, K. Muhammad Aynul Fata Al-Kiromi pengasuh Ponpes  An-Nur Taman Mencok  Bondowoso, juga dihibur dengan lagu-lagu islami yang dibawakan oleh group Gambus Aresy Arabian Mussik. 


    Sementara itu Koordinator kegiatan pengajian Isra' Mi'raj yang juga selaku Ketua pemuda Aresy Lor ban, Hari Sasmito saat dihubungi oleh Post News TV melalui via WhatsApp mengatakan bahwa Isra' Miraj merupakan perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam saja. Peristiwa tersebut adalah salah satu kejadian penting bagi umat Islam.


    "Kegiatan kali ini mengangkat tema syubhat-syubhat Isra Mi'raj atau perjalanan dan sejarah Nabi Muhammad Saw," kata Hari Sasmito Minggu [ 26/02/2023 ] sekira pukul 22.59 Wib.


    Hari Sasmito menambahkan, peringatan acara pengajian Akbar peringati Isra' Miraj dan lainnya. Dimana masyarakat cukup antusias sekali. 


    " Kami mengadakan pengajian ini juga tujuannya supaya masyarakat, khususnya para pemuda di wilayah dusun Krajan ini mengerti tentang apa isi dari isra' Mi'raj," ungkapnya.


    Menurut Hari Sas panggilan akrabnya,  kegiatan Keagamaan yang terbuka lebar untuk umum, biasanya banyak dihadiri oleh kaum bapak-bapak dan ibu-ibu, hal tersebut juga membuat sebagian pemuda sedikit malas untuk ikut bergabung.


    Sehingga, pihaknya memutuskan membentuk komunitas yang diberi nama Aresy Lor Ban beberapa tahun yang lalu. Dan Komonitas tersebut terus menerus aktif dalam kegiatan kemasyarakatan secara umum. Disisi lain juga, memiliki kesan tersendiri dan khas dengan para pemuda, sehingga lebih aktif dalam kegiatan keagamaan.


    Informasi yang berhasil diterima oleh Post News TV, kegiatan pengajian Akbar itu juga mengadakan santunan anak yatim-piatu. Dan kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kalibaru Drs Susanto Wibowo MM, Kapolsek Kalibaru Iptu Yaman Adinata, anggota DPRD kabupaten Banyuwangi, Syamsul Arifin SH dari Fraksi PPP Babinsa dan Bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ratusan muslimin dan muslimat warga dusun Krajan desa Kalibaruwetan. 


    Sementara itu, Camat Kalibaru Drs Susanto Wibowo MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan peringatan Isra Miraj yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya bertujuan mempererat tali silaturahmi sesama manusia dalam kehidupan bermasyarakat.


     "Peringatan Isra Miraj ini tentunya harus dijadikan momen sebagai perwujudan rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang senantiasa menganugerahkan berbagai nikmat kepada kita semua. Serta yang paling utama adalah bahwa sikap dan perilaku Nabi Muhamad SAW harus dijadikan suri tauladan dalam arah kehidupan yang lebih baik" katanya.


    Masih kata Camat Kalibaru menambahkan “Isra Miraj ini mengajarkan silaturahmi antar generasi umat manusia, ciptaan Allah. Karena sesungguhnya kita ini diciptakan bersaudara sebagai sesama hamba Allah, Ketika silaturahmi sudah terjalin dengan baik, akan bisa menciptakan kedamaian antar manusia," tambah Camat.


    Ditempat yang sama anggota DPRD kabupaten Banyuwangi Syamsul Arifin, S.H mengatakan, untuk memaknai peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini adalah, dengan cara meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, salah satunya dengan cara meningkatkan ibadah. Dirinya juga sangat mendukung kegiatan pengajian Akbar yang diadakan oleh muda-mudi lor ban yang tergabung pada Komonitas Pemuda Aresy Lor ban. Kedepan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat terutama dalam hal syiar agama harus diutamakan dari pada kegiatan lainnya.


    “Alhamdulillah saya sangat bangga sekali apa yang diadakan oleh para pemuda-pemudi yang tergabung di Komonitas Pemuda Aresy Lor ban. Dengan kegiatan seperti ini karena memang memaknai nya bahwa kita harus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sekali lagi saya sangat mendukung sekali yang dilakukan oleh Komonitas Aresy yang mengadakan pengajian peringati Isra 'Miraj. Insyaallah kedepan kegiatan syiar agama seperti ini memang harus terus kita utamakan”. Ujar Syamsul Arifin SH. 


    (MS)

    Komentar

    Tampilkan