• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Peringati HPSN, SMAN 1 Cilegon Gelar Bersih-Bersih Pesisir Pantai Mabak

    Admin Joni
    Thursday, February 23, 2023, 21:32 WIB Last Updated 2023-02-23T14:32:21Z

    Cilegon Banten,-
    Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), SMAN 1 Cilegon menggelar kegiatan bersih-bersih sampah di pesisir pantai mabak, kelurahan mekar sari, kecamatan Pulomerak. Kamis (23/02/2023).

    Kegiatan yang mengusung tema "Kehidupan yang berkelanjutan, ini diikuti oleh 10 orang siswa-siswi peserta didik perwakilan dalam setiap kelas 10, dengan total siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 120 orang dan 50 orang panitia beserta komite sekolah.

    "Hari ini SMAN 1 Cilegon memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Karena SMAN 1 Cilegon adalah sekolah Adiwiyata. Kami mempunyai program dengan hal itu, dan pada saat ini kurikulum merdeka itu ada kegiatan projek peningkatan pelajar profil Pancasila atau kegiatan P5," Ucap Kepala Sekolah SMAN 1 Cilegon, Agus Panca.

    "Makna dari konsep atau tema kehidupan yang berkelanjutan itu merupakan management pengelolaan sampah itu bagian yang paling penting untuk kehidupan selanjutnya," Tambahnya.

    Lebih lanjut, Agus Panca menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik.

    "Kami sengaja mengadakan kegiatan ini, dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik yang dihubungkan dengan HPSN, dan dihubungkan SMAN 1 Cilegon sebagai sekolah Adiwiyata yang memang memikirkan segala sesuatu terkait hal itu semua," Jelasnya.

    "Hari ini kami menggandeng beberapa instansi, mulai dari Pemerintah kota Cilegon, Polsek Pulomerak, kelurahan, puskesmas, karang taruna, dan DLH Kota Cilegon, pak wakil walikota Cilegon sudah hadir dan memberikan apresiasi nya," Ungkap Panca.


    Harapan kita kedepan kegiatan ini bukan hanya hari ini saja, tapi insyaallah kedepan akan ada lagi kegiatan yang serupa dengan tema yang sama," Ujarnya.

    Selain itu, Agus Panca menyampaikan beberapa program kegiatan SMAN 1 Cilegon yang akan dilaksanakan pada Tahun ini.

    "SMAN 1 Cilegon mempunyai 2 program di tahun ini dalam rangka kehidupan yang berkelanjutan selain bersih-bersih pantai, di hari ini juga sebagian siswa bersih-bersih di sekolah sendiri, karena kami juga ada lomba sekolah sehat, kemudian besok hari Jumat kami akan menggerakkan masyarakat sekitar sekolah untuk bekerja sama membersihkan lingkungan di luar sekolah sampai ke pasar kelapa atau pasar Blom F, itu kami akan turun langsung kesana bersama warga sekitar," Jelasnya.

    "Setelah lebaran idul Fitri kami punya eksen sosial juga, penanaman hutan mangrove di daerah Banten lama, insyaallah itu juga kami bekerja sama dengan DLH, dalam rangka memberikan edukasi kepada peserta didik," Tambahnya.

    Ditempat sama, Kabid DLH Kota Cilegon, Muhriji mengapresiasi kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh SMAN 1 Cilegon.

    "Saya sangat mengapresiasi kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang pesisir pantai pantai mabak ini, dalam rangka peringati hari peduli sampah nasional (HPSN) yang di selenggarakan oleh SMAN 1 Cilegon di mabak ini," Ucap Muhriji.

    "Trimakasih juga kepada bapak kepala sekolah yang sudah memberikan edukasi sejak dini di sekolah, dan ternyata di aplikasikan langsung bersih-bersih di pantai mabak," Tambahnya.

    "Ini bagian dari pesan moral kita DLH terkait dengan HPSN yang kemarin di canangkan oleh pak walikota beserta Forkopimda yaitu gerakan bersih-bersih dan penanaman pohon sebanyak 2000 pohon, dan Alhamdulillah di sekolah juga ternyata melakukan itu, ini sebuah apresiasi buat kami karena memang acara sampah tidak bicara dari satu sisi, tapi semua kalangan termasuk sekolah yang menjadi salah satu objek yang sangat kita berikan apresiasi karena memang di sekolah itu adalah tempat awal anak didik itu bisa di kasih pelajaran bahwa sampah itu harus dikelola dengan baik, jangan buang sembarangan, harus bisa paham sampah organik dan non-organik," Jelasnya.

    "Ini sebuah apresiasi buat kami DLH Kota Cilegon kepada kepala sekolah SMAN 1 Cilegon khususnya yang sudah melaksanakan bersih-bersih di pantai, yang merupakan rangkaian dari HPSN," Tutupnya.





    Pewarta: yuliani
    Editor : Admin
    Komentar

    Tampilkan