• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Siswa-Siswi SDN 1 Kajarharjo Antusias Ikuti Sosialisasi dan Edukasi Siaga Bencana

    Postnewstv.co.id
    Friday, February 17, 2023, 13:50 WIB Last Updated 2023-02-17T06:50:37Z


    Banyuwangi
    , - Personil AGISINA BPBD JATIM dan R_TRC_PB_BPBD kecamatan Kalibaru , kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, menyampaikan materi tentang kebencanaan ke siswa-siswi SDN 1 Kajarharjo. Edukasi kebencanaan tentunya harus diterima oleh semua kalangan. Tidak hanya orang dewasa, pelajar pun hendaknya mengenal dan memahami macam-macam bencana hingga penanggulangannya.


    Para petugas tersebut terpantau  memberikan penyuluhan tentang kebencanaan kepada siswa-siswi SDN 1 Kajarharjo. Kegiatan yang berlangsung pada Juma'at [ 17/02/2023 ]  ini diikuti sekitar 100 lebih siswa-siswi SDN 1 Kajarharjo dan juga diikuti seluruh dewan guru.


    Ismanto AGISINA BPBD JATIM mengungkapkan bahwa wawasan mengenai kebencanaan untuk pelajar sangat diperlukan.


    "Dengan menyerap pengetahuan mengenai bencana sejak di bangku sekolah [SD ], diharapkan siswa-siswi bisa mengerti dan memahami apa dan bagaimana penanganan kebencanaan tersebut," ucap Ismanto.


    Dilokasi terlihat dengan jelas para siswa-siswi SDN 1 Kajarharjo antusias mengikuti simulasi penanggulangan bencana yang dilaksanakan di dalam kelas maupun di halaman sekolah.


    Selain pengetahuan secara umum, personil juga memberikan penjelasan kondisi kebencanaan jika terjadi di sekolah mereka. "Mereka juga harus mengenal lingkungan mereka juga. Untuk itu kami juga memberikan simulasi bencana, seperti penggunaan jalur evakuasi di lingkungan sekolah dan pengenalan alat penanganan bencana," lanjut Ismanto.


    Sementara itu, Kepala SDN 1 Kajarharjo  Tri Widayani Spd  mengucapkan terima kasih dan salut kepada personil AGISINA BPBD Jatim dan personil R_TRC _PB_BPBD kecamatan Kalibaru. Ia mengungkapkan bahwa antusias siswa dan siswi di sekolahnya akan berdampak baik dan informasinya tidak akan berhenti di mereka.


    "Apalagi keterampilan evakuasi mandiri diterima langsung oleh mereka. Kami yakin dengan sosialisasi ini, mereka akan menceritakan kembali kepada orang tua dan kerabatnya. Jadi dengan kata lain yang mendapat pengetahuan bertambah," terangnya. 


    Dilokasi yang sama R_TRC_PB_ BPBD kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi juga menghimbau kepada  para Siswa-siswi SDN 1 Kajarharjo dan para dewan guru serta beberapa wali murid untuk selalu menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing. Yakni jangan membuang sampah disembarang tempat, diantaranya di sungai. Buanglah sampah pada tempatnya atau buanglah sampah dilubang-lubang sampah yang sudah dibuat, atau dibakar. 


    (MS)

    Komentar

    Tampilkan