• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Anggota DPRD Banyuwangi Fraksi PPP Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

    Postnewstv.co.id
    Monday, March 13, 2023, 08:30 WIB Last Updated 2023-03-13T01:30:58Z


    Banyuwangi
    , - Anggota DPRD kabupaten Banyuwangi, Syamsul Arifin, SH dari Fraksi PPP mengajak warga dusun Krajan, desa Kalibaruwetan, kecamatan Kalibaru tetap menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing, dan harus sering- sering melakukan kerja bhakti bersama membersihkan lingkungan.


    "Kita harus menjaga kebersihan lingkungan. Artinya, selalu hidup bersih agar terhindar dari berbagai penyakit. Dan harapan saya sering melakukan kerja bhakti bersama, untuk membersihkan saluran-saluran drenase yang tersumbat oleh sampah maupun saluran tersebut ditumbuhi rumput liar. Tujuannya supaya air mengalir lancar dan kelihatan bersih" ujarnya kepada Reporter Post News TV disela-sela pas istirahat sesuai kerja bhakti bersama warga, Minggu (12/03/2023).


    Legislator dari Fraksi PPP tersebut, juga mengajak semua lapisan masyarakat di wilayah kecamatan Kalibaru maupun daerah lainnya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi saat ini musim hujan yang dapat menimbulkan genangan air dan juga serangan penyakit.


    "Kita ketahui saat ini musim hujan juga pancaroba, jadi keberhasilan lingkungan sangat penting," ucap Syamsul.


    Salah satu Politisi yang duduk di DPRD kabupaten Banyuwangi tersebut, biasa disapa Syamsul ini mengatakan, ada beberapa titik yang memang harus diperhatikan untuk kebersihan lingkungan, mulai dari perumahan, selokan atau drainase dan sungai, sehingga tidak ada sampah yang dapat menyumbat akhirnya menimbulkan genangan juga penyakit.


    "Ini masalah bersama, jadi tugas pemerintah maupun masyarakat untuk aktif menjaga kebersihan lingkungan," jelas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil V) tersebut. 


    Dari beberapa tokoh masyarakat yang berhasil ditemui oleh Reporter Post News TV, yang namanya tidak mau dipublikasikan  sangat mengapresiasi langkah dari pihak pemerintah mulai desa, kecamatan dan kabupaten yang menggiatkan gotong royong kebersihan lingkungan, agar masyarakat aktif kembali menjaga lingkungan tetap bersih.


    "Kita dukung diaktifkan kembali gotong royong setiap lingkungan, agar kebersihan tetap terjaga," ucapnya.


    Masih kata Syamsul menambahkan saat diwawancarai oleh Post News TV "Kerja bakti merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah terkait kebersihan lingkungan, mudah dan murah, namun akan berdampak besar jika dilakukan secara masal dan berkesinambungan,” tambah Syamsul.


    Selain itu, ia menghimbau warga agar melakukan kerja bakti di lingkungan masing-masing secara rutin, yang tentunya dikoordinir oleh Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di lingkungan masing- masing.


    Menurut Syamsul Arifin, S.H, lebih menegaskan, dengan melakukan kerja bakti, kebersihan lingkungan akan terjaga dan sekaligus mencegah munculnya berbagai penyakit, salah satu diantaranya Demam Dengue (DBD).


    “Meski tidak semua kawasan rawan genangan air ataupun banjir, namun menjaga kebersihan adalah suatu keharusan, karena lebih lanjut baik mencegah daripada mengatasi masalah,” ungkapnya.


    Sementara itu ia melanjutkan, banyak manfaat yang akan didapat dari kerja bakti yang dilakukan warga. Antara lain, lingkungan terlihat asri dan bersih, banjir atau genangan air yang disebabkan oleh hujan akan dapat dihindari, bahkan bibit penyakit ataupun virus akan lebih sulit untuk berkembang biak.


    Selebihnya Syamsul Arifin  menekankan, yang terpenting adalah warga belajar membiasakan diri untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Apalagi membuang sampah di saluran air. Inilah juga salah satu penyebab  terjadinya genangan air, akibat saluran air yang tersumbat karena tumpukkan sampah.


    “karena itu, sekali lagi saya berharap mari kita aktifkan kembali kerja bakti di lingkungan RT dan RW masing- masing," Pungkasnya.


    Ditempat terpisah salah satu warga dusun setempat kepada Reporter Post News TV, Syamsul Arifin,S.H yang saat ini masih menjabat di DPRD kabupaten Banyuwangi dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan [PPP], Pemilu tahun 2024 informasi yang telah berhasil dihimpun oleh Reporter Post News TV ini dari warga, Syamsul Arifin,S.H akan mencalonkan diri ke DPRD Provinsi Jawa Timur.


    (MS)

    Komentar

    Tampilkan