• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Menko PMK dan Bupati Kendal Launching Peletakan Batu Pertama Gedung RSI Muhammadiyah 2 Patean

    Monday, March 13, 2023, 07:21 WIB Last Updated 2023-03-13T10:50:28Z

    KENDAL,-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Prof. Dr. Muhadjir Effendy MAP, menghadiri  acara peletakan batu pertama Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah 2 Kendal dan Peresmian Gedung KH. Ahmad Dahlan di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah di Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Minggu (12/03/2023).





    Peletakan batu pertama pembangunan RSI Muhammadiyah 2 dilakukan oleh Menko PMK RI didampingi Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, B.Sc dan Direktur RSI Muhammadiyah Kendal, Suhadi, serta Ketua PD Muhammadiyah Kendal, Ikhsan Intizam.




    Dalam acara itu, Menko PMK Prof, Muhadjir Effendy, menyampaikan bahwa pemerintah mengejar target layanan universal untuk kesehatan, sehingga pemerintah mendorong termasuk pihak swasta seperti organisasi sosial dan keagamaan Muhammadiyah ikut berpartisipasi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.



    "Ia mengungkapkan, terkait dengan BPJS saat ini cakupannya sudah 85 persen, sehingga jika sudah ada rumah sakit jaminan untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih maksimal.



    Menko RI berharap juga memohon kepada pengurus RSI Muhammadiyah 2, jika pembangunan rumah sakit selesai agar segera terdaftar sebagai anggota BPJS, sehingga para pasien nantinya tidak perlu membayar karena sudah terkaver oleh BPJS Kesehatan, dan jika mereka yang tidak mampu akan ditanggung oleh pemerintah melalui PBI, serta bagi yang mampu sudah bekerja akan ditanggung oleh perusahaan dimana mereka bekerja," tuturnya 

    Apresiasi juga disampaikan oleh Menko PMK kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, karena pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal 5,8 persen diatas rata-rata nasional, yaitu 5.3 persen.


    Selain itu, Menko PMK RI memberikan apresiasi kepada Muhammadiyah Kendal, karena gerakannya luar biasa dengan membangun 5 rumah sakit, dan ditambah dengan bidang pendidikan, yang artinya pendidikan dan kesehatan berjalan beriringan.




    Bupati Kendal Dico M Ganinduto, dalam acara itu menyampaikan, bahwa kedatangan Menko PMK ini dapat memberikan semangat bagi dunia kesehatan maupun pendidikan di Kabupaten Kendal.



    Menurut Bupati Dico, Muhammadiyah ini salah satu organisasi islam yang membantu mensukseskan visi misi Pemerintah Kabupaten Kendal di bidang kesehatan maupun pendidikan.


    "RSI Muhammadiyah ini merupakan rumah sakit terbaik di Kabupaten Kendal, yang mana diharapkan kedepan bisa terus bersinergi, saling memberikan dukungan bersama-sama memberikan inovasi agar kita bisa melengkapi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Kabupaten Kendal terutama di bidang kesehatan," tutur Bupati Dico.


    Selain itu, Bupati Kendal berharap, setelah diresmikannya Gedung KH. Ahmad Dahlan Ponpes Darul Arqom ini bisa terus memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat di sekitar.




    Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Islam Kendal, Suhadi, menjelaskan bahwa untuk RSI yang berada di Kecamatan Weleri sudah 250 TT di tipe C dan saat ini sedang proses naik kelas ke tipe B, karena merupakan gedung tertinggi di Kabupaten Kendal dengan 8 lantai.


    "Visi kita adalah menjadi rumah sakit terkemuka di jalur pantura, dan semoga terwujud di tahun 2024 mendatang. Untuk misinya adalah pelayan, SDI, sarana prasarana, management, amal sholeh keislaman dan ke Muhammadiyahan," ujarnya 


    Suhadi mengungkapkan, bahwa RSI Muhammadiyah Kendal sudah memenuhi syarat tentunya amal usaha di Kabupaten Kendal yang sudah memiliki ijin SLF. Saat ini Muhammadiyah Kendal memiliki tiga rumah sakit yang operasional, yaitu RSI 1, Rumah Sakit PKU Aisyah dan Rumah Sakit Darul Istiqomah. Sedangkan yang dua dalam proses pembangunan, yaitu Kecamatan Boja sudah mencapai 80 persen dan yang baru mau dibangun RSI 2 di Kecamatan Patean, untuk RSI 2 ini dibangun dengan tipe D dengan luas lahan sekitar 6000 meter persegi, dan anggaran pembangunan mencapai sekitar 30 miliar,"pungkasnya 


    Reporter: Prawoto

    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan