• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Pemerintah Indonesia Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Hari Kamis 23 Maret 2023

    Thursday, March 23, 2023, 03:09 WIB Last Updated 2023-03-22T20:09:58Z

    KENDAL,- Kementerian Agama Kabupaten Kendal bersama Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Kendal, dan Tim Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang melaksanakan pantauan Rukyatul Hilal 1 Ramadhan 1444 Hijriah di Pelabuhan Tanjung Kabupaten Kendal, Rabu (22/03/2023).




    Pelaksanaan Rukyatul Hilal tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pantauan hilal langsung bisa terlihat melalui monitor LED yang sudah di pasang di lokasi tersebut.


    Dalam acara terlihat hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Sugiono Kepala Kemenag Kabupaten Kendal, Mahrus, Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Kendal, Kepala BHRD Kabupaten Kendal, Ulil Absor, Kepala LP2M UIN Walisongo Semarang, Adib, para kepala OPD terkait, Ketua PCNU Kendal, KH. Mustamsikin, Ketua PD Muhammadiyah Kendal, Ikhsan Intizam, dan Pimpinan LDII Kendal.


    Dalam sambutannya Sekda Kendal mewakili Bupati Kendal menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama dan semua pihak, atas penyelenggaraan Rukyatul Hilal penentuan 1 Ramadhan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.


    "Semoga melalui kegiatan ini kita mendapatkan persamaan pemahaman dalam menetapkan 1 Ramadhan 1444 THijriyah, agar kita senantiasa bisa bersama-sama dalam menjalankan perintah Allah Subhanahu Wata’alla," tutur Sekda Kendal.


    Sekda Sugiono juga mengatakan, apapun hasilnya tetap harus menyimak dan dengarkan keputusan Pemerintah, melalui Menteri Agama Republik Indonesia. Jika malam ini ditetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriyah, berarti umat Islam Indonesia, mulai malam ini akan melaksanakan Qiyamul Lail, dan sejak dari terbit fajarnya pula akan dimulai dengan ibadah puasa wajib Ramadhan sebulan penuh.


    Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus mengatakan, berdasarkan pengamatan dan pantauan BHRD Kabupaten Kendal, dan disaksikan para Pejabat Pemkab Kendal dan pimpinan Ormas Islam, hingga pukul 18.00 WIB lebih hilal belum terlihat.


    Mahrus menerangkan, dalam pelaksanaan pantauan Hilal 1 Ramadhan 1.444 Hijriah di Pelabuhan Tanjung Kendal pada kali ini kita mengunakan layar monitor LED untuk mempermudah saat menyaksikan, namun hilal tdak terlihat karena terhalang oleh awan atau mendung.


    Lebih lanjut, Mahrus mengatakan, namun di daerah-daerah lain, dalam pantauannya sudah melihat Hilal, dan sudah memenuhi Imkanur Rukyat.


    "Pelaksanaan Rukyatul Hilal di daerah lain sudah terlihat, seperti di Makasar dan Mataram. Jadi, secara resmi pelaksanaan pantauan Rukyatul Hilal di Pelabuhan Tanjung Kendal kami tutup," terang Mahrus sekaligus menutup acara tersebut.


    Reporter:Prawoto

    Editor:Admin

    Komentar

    Tampilkan