• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Pengukuhan Guru Besar USU, Dihadiri Tokoh Nasional

    Postnewstv.co.id
    Tuesday, March 7, 2023, 09:47 WIB Last Updated 2023-03-07T02:47:08Z


    MEDAN
    , - Pengukuhan Prof.Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si menjadi Guru Besar Tetap Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) dilaksanakan  di Kampus USU Jalan Dr Mansur Medan, Sumut  Senin, (6/3/2023).


    Dalam pengukuhan tersebut banyak dihadiri oleh para tokoh Sumatera utara dan luar Sumut, termasuk Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo.


    Dalam pidato pengukuhannya, Prof.Muryanto yang juga menjabat sebagai Rektor USU tersebut berjudul  'Transformasi Partai Politik menjadi Organisasi Partai di Era Digital untuk Penguatan Demokrasi'.


    Perubahan dunia yang sangat cepat karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dimasyarakat, sehingga Fenomena digital serta keterhubungannya dengan masyarakat global, tentu sangat berkaitan.sehingga negara harus  melakukan konsolidasi demokrasi pada era digital seperti ini, ungkapnya. 


    Menurutnya, Isu politik digital dan partai digital masih sepi, transformasi partai politik menjadi organisasi partai di era digital untuk penguatan demokrasi harus memahami digital space sebagai sebuah bentuk demokrasi dan kekuasaan baru.


    Prof. Muryanto menilai transformasi partai politik ke digital perlu dilakukan karena pengguna internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurutnya, saat ini ruang publik berubah menjadi digital space. maka partai politik harus berani melakukan inovasi dan kreativitas.


    "Partai politik harus menjadi turbin penggerak untuk menghasilkan pemimpin untuk merespons perubahan yang cepat dan mendadak, tetapi partai politik masih mempertahankan cara analog yang sudah sangat usang," katanya.


    Partai digital tidak sekadar menggunakan platform digital, namun diperlukan digital value yang utuh, yaitu mengutamakan transparansi, disintermediasi, interaktif, adaptif, dan responsif. Karakter utama dari partai digital adalah partisipasi seluruh anggota partai dan masyarakat terutama para pemilih. Dengan demikian, partai politik yang agile, menjadi penting sebagai prasyarat transformasi menuju partai digital.


    Partai politik harus mampu bertransformasi menjadi organisasi partai yang mengelola digital space sebagai bentuk demokrasi dan kekuasaan baru di dunia yang cepat berubah dan sulit diprediksi, maka akan menjadi best practices pembelajaran bagi anak bangsa," ucap Prof. Muryanto.


    Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., MSi.,merupakan Rektor USU termuda yang dilantik oleh Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi Rektor USU Periode 2021-2026 di Kantor Kemendikbud RI Jakarta, Kamis, 28 Januari 2021.


    Gelar S1 di Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) USU, S2 di Magister Program Studi Ilmu Politik FISIP UI dan S3 Doktor Program Studi Ilmu Politik FISIP UI.


    Sebelumnya menjabat Rektor, Prof Muryanto pernah sebagai Dekan FISIP USU, Dewan Riset Daerah Medan, Dewan Kota Medan dan Komisaris PTPN V. Ayah dari Muhammad Annas Fatah Rizqin, Ramadhani Tuhva Norif dan Idra Faris ini terkenal sangat humble dan bersahabat kepada semua orang sehingga membuatnya memiliki jejaring pergaulan yang luas lintas sektoral baik nasional maupun internasional.


    Pengukuhan Muryanto Amin sebagai Guru Besar Tetap USU turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Dirjen IKP Kominfo RI Usman Kansong, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapoldasu Irjen Pol.Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB, Mayjen TNI A. Daniel Chardin, SE, MSi, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution dan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rahman, Ketua DPRD Medan  Hasyim, SE dan lainnya.


    (Ronald Sihombing)

    Komentar

    Tampilkan