• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Melalui SILPA Program Bantuan Keuangan Desa Pemdes Banyuanyar Lakukan Pembangunan Plengsengan Penahan Bahu Jalan

    Postnewstv.co.id
    Monday, April 3, 2023, 13:41 WIB Last Updated 2023-04-03T09:29:11Z


    Banyuwangi
    , -  Pemerintah desa Banyuanyar, kecamatan Kalibaru Banyuwangi melakukan pembangunan plengsengan Penahan bahu jalan yang juga sebagai saluran drainase  melalui Program Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Bantuan Keuangan Desa (SILPA BKD) Tahun 2022 yang berlokasi diwilayah dusun Krajan, jalan desa Banyunyar pada Senin (3/4/2023 ).


    Kades Banyuanyar H. Supardi  mengatakan, mulanya penahan bahu jalan yang juga sebagai saluran drainase ini sudah pernah kita bangun. Tapi berhubung cuaca diwilayah kecamatan Kalibaru beberapa tahun terakhir ini sangat ekstrim diguyur hujan terus menerus dengan intensitas ringan sampai lebat. Akibatnya air yang mengalir di saluran tersebut tidak bisa menampung, sampai penahan bahu jalan banyak yang tergerus dan ambrol. 


    Alhamdulillah  setelah desa Banyuanyar menerima program BKD Tahun 2022 dari Provinsi Jawa Timur untuk pengerjaan pembangunan penahan bahu jalan yang berfungsi sebagai saluran drainase,  akhirnya hari ini mulai pengerjaan pembangunannya.


    Masih lanjut Kepala desa Banyuanyar H. Supardi menambahkan,  pembangunan ini juga untuk mengantisipasi terjadinya luapan air saat hujan. Sebab, jika hujan turun air dari sungai ini menggenangi jalan diwilayah ini.


    Lebih lanjut, dia juga mengatakan, " selain untuk mengantisipasi terjadinya luapan air saat hujan, tujuan pembangunan sarana plengsengan Penahan bahu jalan ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan melancarkan aktivitas warga setempat," jelasnya.


    Dirinya menambahkan, bahwa Pemdes  Banyuanyar memprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga di desanya. 


    Kades Supardi  juga berharap agar masyarakat bisa menjaga kebersihan drainase agar bangunan terawat air bisa mengalir sehingga tidak menimbulkan banjir dan dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang.


    Semoga dengan adanya pembangunan Drainase ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat desa Banyuanyar.


    Sedikit demi sedikit kami sebagai pemerintah desa Banyuanyar akan mengubah desa menuju perubahan- perubahan yang lebih baik dan nyata yang semuanya supaya bisa dirasakan oleh warga masyarakat desa Banyuanyar," pungkasnya.


    Sementara itu hal senada juga disampaikan oleh Sekdes Banyuanyar, Subahrallah saat ditemui diruangannya mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur penahan bahu jalan yang juga sebagai saluran drainase ini merupakan upaya Pemerintah desa Banyuanyar untuk fasilitas sarana dan prasarana masyarakat “ Penahan bahu jalan maupun saluran drainase merupakan salah satu dasar untuk memenuhi kebutuhan yang merupakan komponen terpenting dalam suatu perencanaan infrastruktur sebuah wilayah. Drainase bertujuan untuk menjadikan sebuah infrastruktur wilayah yang aman, nyaman, bersih dan menanggulangi kelongsoran tanah,”paparnya saat ditemui di ruangannya oleh Reporter Post News TV.


    Sekdes Subahrallah juga berharap dengan adanya pembangunan penahan bahu jalan serta saluran drainase ini masyarakat berperan aktif untuk menjaga, dan merawat sarana dan prasarana yang sudah di bangun ” Dengan dikerjakan  oleh tukang -tukang yang asli warga desa Banyuanyar, harapan kami selaku Pemdes Banyunyar, supaya  masyarakat ikut berperan aktif untuk menjaga dan merawat infrastruktur yang sudah di bangun” jelasnya


    Tujuan dibangunnya penahan bahu jalan itu serta saluran drainase  untuk memperlancar dan mengefektifkan saluran air agar pada saat hujan saluran air tidak tersumbat dan menyebabkan banjir juga menanggulangi tanah agar tidak longsor.


    Pengerjaan pembangunan infrastruktur penahan bahu jalan serta saluran Drainase yang berlokasi di dusun Krajan  ini berdasarkan musyawarah bersama elemen masyarakat desa  Banyuanyar," kata Subahrallah mengakhiri komentarnya


    Penulis : MS

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan