• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    H. Waris Tholib S.Ag.,MM Hadiri Perayaan Hari Lahir Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) ke 75 Tahun

    Tuesday, May 16, 2023, 20:15 WIB Last Updated 2023-05-16T13:18:12Z


    Tanjung Balai,
     
    - Walikota Tanjung Balai H.Waris Thalib.SAg.MM, menghadiri perayaan hari lahir (Harlah) Yayasan Madrasah Pendidikan Islam ((YMPI) ke-75 Tahun yang dipusatkan di alun-alun lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Jalan Pahlawan Kelurahan Pantai Burung Kecamatan TB.Selatan kota Tanjung Balai, Senin (15/5/2023).


    Adapun acara di isi dengan, Pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudari Puja Syarma dari Aceh. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, dan dilanjutkan menyanyikan lagu mars YMPI yang dibawakan oleh kelompok STAIS YMPI kota Tanjungbalai. Pemberian soufenir untuk pemenang lomba guru berprestasi di lingkungan YMPI. Penampilan dari Puja Syarma.


    Sebelum acara puncak, Walikota Tanjungbalai H Waris Tholib S.Ag., MM menerima tamu undangan sekaligus kedatangan peserta pawai ta’aruf keliling. Ia juga diberikan kue ulang tahun dalam menyambut Milad yang ke-52 Tahun.


    H.Amran SH., S.Pdi, bacakan sejarah singkat YMPI yang diawali ucapan selamat hari lahir ke-75 tahun berdiri tepatnya 15 Mei 1948 atau 3 tahun sesudah kemerdekaan Republik Indonesia yang didirikan oleh seorang Ulama Kharismatik kelahiran Simpang Empat, 22 April 1925 yakni Al- Ustadz Syarbaini Abdullah Sirait yang pada saat itu YMPI masih dikenal dengan nama MPI.


    Masih katanya, pada awal kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di sebuah surau yang sekarang telah menjadi Masjid Besar Sei.Tualang Raso, kemudian berpindah ke Sekolah Rakyat yang sekarang SDN 130001 Tanjung Balai, dan akhirnya pada penghujung tahun 1949 pengelola YMPI meminjam tanah ke H.Mahmud yang akhirnya diwakafkan untuk perjuangan dan pengabdian para pengelola YMPI yang sangat luar biasa, berangkat dari modal keikhlasan


    Dengan modal keyakinan Kepada Allah SWT, H. Amran menambahkan, mereka terus menyumbang pembangunan fisik, tetapi dalam pembangunan keilmuan serta moralitas, mereka menginginkan lulusan lulusan terbaik terbukti dengan menghadirkan guru-guru terbaik pula diantaranya berbuah kepada keberhasilan sebagaimana yang kita lihat sekarang.


    Pada tahun 2020, YMPI berhasil mendirikan Perguruan Tinggi yang bernama STAIS dan itu tidak terlepas dari kerja keras serta pemikiran dari para pengurus saat itu bahkan sekarang ini YMPI memiliki jenjang pendidikan, dimulai dari KTK, MIS, MDTA, MTs dan MAS, tuturnya H. Amran SH. S.Pdi.


    Sementara itu Walikota Waris dalam sambutan pidatonya, mendoakan YMPI semakin jaya dimasa yang akan datang. Ia berharap YMPI dapat melahirkan pondok pesantren.


    "Bahwa di masa kepemimpinannya saya akan terus berupaya melakukan kemajuan pembangunan di segala sektor, termasuk pembangunan Agama," ucapnya Waris


    Dalam acara itu Waris turut memberikan tepung tawar kepada alumni YMPI yang mendapat gelar Profesor kemudian memberikan soufenir untuk pemenang lomba, Guru berprestasi kurikulum Nasional di lingkungan YMPI, Guru berprestasi kurikulum yayasan dan pemenang LCT antar Madrasah Aliyah se-Kota Tanjung Balai.


    Dan di tutup dengan pembacaan do'a oleh ketua MUI Kota Tanjungbalai, H. Hajarul Aswadi, S.Pd.I.


    Tampak hadir dalam acara sebagai berikut, Wali Kota Tanjung Balai H. Waris Tholib S.Ag.,MM, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Darwin Marpaung, S.Ag, M.AP fraksi (PPP) dan Dedi Tohir, Ketua DPRD H.Tengku Eswin, Kepala Kantor Kementrian Agama H.Al Ahyu Ketua MUI H Hajarul Aswadi, Ketua YMPI KH.Chaidir Abdul Wahab dan Puja Sharma Penyanyi Religi dari Nangroe Aceh Darussalam. Staf Ahli Ekonomi Pembangunan Nefri Siregar, Asisten III Administrasi Umum Walman Riadi P Girsang, Kadis Pendidikan Hj.Delima, Kaban Kesbangpol Edwarsyah, Kadis Kominfo Andrinuka Saptana, Kadishub Amran Sanusi Rambe dan Kadis Koperasi dan UKM Agus Salim, dan Perwakilan Siswa-siswi sekolah se-kota Tanjungbalai.



    Pewarta : Nia P Saragih

    Editor     : Admin

    Komentar

    Tampilkan