• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Pemko Medan Melalui DLH Adakan Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Masyarakat Sangat Antusias

    Postnewstv.co.id
    Tuesday, May 23, 2023, 13:59 WIB Last Updated 2023-05-23T06:59:16Z


    MEDAN
    , - Polusi udara yang sudah sangat mengkhawatirkan menyebabkan  pencemaran udara yang disebabkan oleh gas buang kendaraan bermotor, terutama dikota besar seperti kota Medan, hal ini membuat beberapa pihak yang sangat peduli terhadap masalah pencemaran udara ini, mengadakan kegiatan Uji emisi kenderaan bermotor.


    Salah satunya adalah Pemko Medan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan kembali mengadakan uji emisi kendaraan bermotor roda 4  secara gratis di depan Lap. Benteng Medan, mulai Senin 22 s/d Rabu, 24 Mei 2023.


    Puluhan kendaraan bermotor roda 4 baik itu yang berbahan bakar bensin maupun solar mengantri untuk melakukan uji emisi.


    Salah satunya adalah P.Giawa (43) yang  ikut mengantri untuk melakukan pengecekan uji emisi. Dia menilai kegiatan uji emisi kendaraan bermotor yang dilakukan Pemko Medan tersebut sangat baik, sebab menurutnya untuk menciptakan kualitas udara yang baik maka harus dilakukan kontrol secara konsisten dan bersama-sama.


     "Untuk menjaga kualitas udara yang baik, kita harus melakukan kontrol bersama baik itu pemangku regulasi (Pemerintah) maupun masyarakat. Artinya Pemerintah harus aktif dan rutin melakukan kegiatan seperti ini, bersamaan dengan itu masyarakat juga harus proaktif melakukan uji emisi kendaraanya sehingga dapat diketahui kendaraanya dalam kondisi baik."kata Giawa yang merupakan seorang tenaga pendidikan pada salah satu sekolah negeri Di Kota Medan.


    Menurut Giawa, dia  mendukung kegiatan uji emisi kendaran yang dilakukan oleh Pemko Medan tersebut. Menurutnya uji emisi kendaraan ini sangat membantu untuk mengetahui kondisi kendaraan dalam keadaan baik atau tidak sekaligus membantu mengurangi polusi udara dan menjaga kesehatan paru-paru.


    Dengan melakukan uji emisi, kita bisa mengetahui kendaraan kita memenuhi persyaratan atau tidak  aman untuk berkeliling-keliling kota Medan, sesuai dengan prosedur yang ramah dengan lingkungan. Kata Giawa Menambahkan.


    Dalam kegiatan uji emisi kendaraan bermotor tersebut, masyarakat yang sudah melakukan uji emisi akan ditempelin stiker dikendaraanya serta mendapatkan souvenir menarik dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan.


     Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan dr. Suryadi Panjaitan menjelaskan dalam Laman Pemko Medan,  uji emisi kendaraan bermotor ini bertujuan untuk mengetahui emisi gas buang dari kendaraan bermotor yang ada di Kota Medan.


     " kita ingin mengetahui sejauhmana ambang batas emisi dari setiap kendaraan, sehingga kita dapat mengetahui indeks dari kualitas lingkungan hidup di kota Medan. Artinya jangan sampai emisi gas buang kendaraan ini mempengaruhi kesehatan masyarakat kota Medan."kata Suryadi Panjaitan 


    Untuk diketahui salah satu penyumbang terbesar terjadinya pencemaran udara ialah melalui kendaraan bermotor.  Sebagai tindak lanjut dari amanah Wali Kota Medan Bobby Nasution tersebut, DLH kota Medan berkolaborasi bersama dengan Kepolisian, TNI dan Dishub secara rutin akan melakukan uji emisi kendaraan bermotor. 


    Dari hasil uji yang dilakukan, umumnya kendaraan bermotor masyarakat di Kota Medan masih menunjukkan hasil uji emisi yang bagus, hanya ada satu atau dua kendaraan  yang menunjukkan hasil emisi yang melebihi ambang batas, dan sudah beritahukan kepada pemilik kendaraan dan mereka sangat kooperatif, Ujar Suryadi.


     Uji emisi kendaraan bermotor ini akan diadakan selama tiga hari mulai dari tanggal 22 s/d 24 Mei 2023. Dimana hari pertama dilakukan di Lap. Benteng Medan, selanjutnya hari kedua di depan Taman Makam Pahlawan jln. SM Raja Medan dan dihari terakhir diadakan di jalan Gatot Subroto Medan atau tepatnya di depan Taman Tomang Elok.


    Kepada masyarakat Suryadi mengharapkan untuk datang langsung memeriksakan emisi gas buang kendaraanya untuk mengetahui kondisi dari kendaraan tersebut. Uji emisi ini dilakukan secara gratis, Ujar  Suryadi Panjaitan.


    Penulis: Ronald Sihombing

    Editor: Admin 

    Komentar

    Tampilkan