• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Pembangunan Jembatan Dusun Krajan Desa Kalibaruwetan Mulai Dikerjakan

    Postnewstv.co.id
    Saturday, July 29, 2023, 13:38 WIB Last Updated 2023-07-29T06:38:12Z


    Banyuwangi
    , - Setelah dihantam banjir bandang pada tahun 2022 lalu, kini  Jembatan yang menghubungkan  RW 13 dan RW 05 Karanggudang tepatnya didusun Krajan desa Kalibaruwetan kecamatan Kalibaru kabupaten Banyuwangi, hari ini Sabtu ( 29/07/2023) sudah mulai dikerjakan. Pembangunan jembatan tersebut, menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi tahun 2023 dengan nilai Kontrak sebesar  Rp 557.761.000,00 jangka waktu pengerjaannya 150 hari.


    Mulainya pembangunan jembatan diatas sungai kali Yas  tersebut ditandai dengan pembongkaran jembatan darurat yang dibuat oleh warga dengan anggaran swadaya. 


    Sementara itu pantauan Reporter Post News TV dilokasi, terlihat salah satu anggota DPRD kabupaten Banyuwangi dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan PPP, Syamsul Arifin,S.H turut hadir membantu membongkar jembatan darurat bersama Kepala desa Kalibaruwetan Muhamad Taufik,S.H, tokoh masyarakat yakni Hari Susanto.


    Perlu diketahui bersama, pasca  banjir bandang masyarakat  setempat melalui Ketua RT, Kepala dusun, Tokoh Masyarakat bersama Kepala datang ke Camat Kalibaru untuk mengusulkan pembangunan jembatan tersebut  segera dipercepat. Atas usulan dan desakan tokoh dan Pemerintah desa Camat Kalibaru membawa usulan atau aspirasi masyarakat ke Pemerintah daerah yang dikawal langsung oleh Syamsul Arifin, S.H selaku anggota DPRD kabupaten Banyuwangi dari Fraksi PPP yang juga putra daerah kecamatan Kalibaru.


    Ditemui usai membantu melakukan pembongkaran jembatan darurat itu, Syamsul Arifin,S.H mengungkapkan, upaya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membangun jembatan diatas Sungai Kali Yas ini bentuk responsif pemerintah terhadap kebutuhan yang paling vital  dari masyarakat. Itupun atas desakan masyarakat yang disampaikan ke Pemerintah desa dan oleh pemerintah desa disampaikan ke pemerintah kecamatan selanjut oleh Camat Kalibaru yakni Drs Susanto Wibowo MM, usulan percepatan pembangunan tersebut disampaikan ke pemerintah daerah, dalam hal ini ke Bupati Banyuwangi.


    "Jalan Penghubung atau jembatan yang terletak di RW 13 dan RW 05 Karanggudang dusun Krajan desa Kalibaruwetan, itu sendiri keberadaannya cukup vital bagi masyarakat setempat," ucapnya.


    Ia juga menjelaskan, pembangunan infrastruktur jembatan ini diyakinkan membantu mempercepat kelancaran serta pemulihan ekonomi masyarakat.

    Syamsul Arifin,S.H juga berpesan kepada pelaksana proyek biar mengerjakan pembangunan jembatan tersebut sesuai perencanaan


    "Pelaksanaannya harus betul-betul sesuai dengan bestek dan kwalitasnya harus betul-betul Kuwat. Dan Alhamdulilah pemenang tender adalah CV RODA MAS Banyuwangi, pemilik CV tersebut  asli putra daerah Kalibaru. Saya Yaqin mutu atau kwalitas pembangunannya tidak diragukan lagi, apalagi juga diawasi oleh konsultan yang berlesensi yang diakui pemerintah ," jelasnya Sabtu (29/07/2023).


    Diketahui bersama jembatan itu memang sangat dibutuhkan untuk mempercepat akses transportasi masyarakat. Apalagi jalan yang melalui jembatan tersebut adalah akses satu-satunya untuk jalan alternatif apabila terjadi kemacetan.


    Sementara itu, Hari Susanto salah satu warga  yang juga selaku tokoh masyarakat setempat kepada Reporter Post News TV, mengungkapkan rasa terima kasihnya karena Jembatan yang membentang diatas Sungai Kali Yas sudah mulai dibangun. Hal ini ia sampaikan karena keberadaan jembatan ini sangat vital bagi masyarakat banyak, khususnya masyarakat kecamatan Kalibaru.  Karena berkaitan dengan perekonomian  masyarakat setempat maupun masyarakat diluar desa Kalibaruwetan.


    “Memang jembatan ini satu - satunya untuk jalan alternatif dan akses warga masyarakat Karanggudang dusun Krajan untuk mencari sesuap nasi ke Pasar atau ke desa tetangga. 


    Penulis : MS

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan