• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Pemdes Kajarharjo Gelar Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2024

    Postnewstv.co.id
    Wednesday, July 12, 2023, 12:10 WIB Last Updated 2023-07-12T05:10:53Z


    Banyuwangi
    , - Pemerintahan desa Kajarharjo, kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi Jawa Timur menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP desa) untuk tahun 2024 yang di langsungkan di balai Kantor desa Kajarharjo, Rabu ( 12/7/2023) sekira pukul 10.00 Wib sampai dengan selesai.


    Dilokasi, pantauan Reporter Post News TV dalam kegiatan Musdes RKP desa ini dipimpin oleh ketua BPD desa Kajarharjo, Solikin , yang dalam sambutan dan arahannya yang memuat pokok-pokok dengan menyampaikan bahwa Musdes ini di lakukan sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya.


    “Musyawarah RKP desa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM desa. Dan kegiatan ini mengacu pada peraturan menteri desa No.17 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa”. Ujar Solikin selaku Ketua BPD desa Kajarharjo.


    Sementara itu Camat Kalibaru Drs Susanto Wibowo MM pada sambutannya menyampaikan bahwa “RKPDes ini disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kepala desa dan perangkat desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa," katanya.


    Pada kesempatan itu juga Camat Kalibaru Drs Susanto Wibowo MM juga menghimbau kepada seluruh peserta rapat untuk saling berkomunikasi, berkoordinasi terkait situasi dan kondisi keamanan di lingkungan masing-masing. Terutama terkait kebencanaan, karena pada bulan-bulan saat ini cuaca di Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten Banyuwangi, wabhil khusus di wilayah kecamatan Kalibaru, cuaca sangat extrim dikarenakan bumi sedikit menjauh dari matahari. Akibatnya meskipun cuaca panas tapi tetap dingin.


    “ Ya saya himbau dan saya harap kepada seluruh peserta rapat yang hadir, untuk selalu peduli kepada lingkungan kita masing-masing. Antisipasi kejadian-kejadian musibah yang tidak kita inginkan. Terkait untuk menanggulangi kejadian musibah atau bencana, menjadi tanggung jawab kita bersama, bukan menjadi tanggung jawab petugas kebencanaan saja," jelasnya Susanto Wibowo MM.


    Sementara itu, Kepala desa Kajarharjo, Hj Tinike Eka Wayan, dalam sambutannya mengatakan, ” Dalam Musdes RKP Desa ini adalah untuk mencapai tujuan yang ingin di capai dalam perencanaan tahunan Desa dalam upaya mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa kedepannya,” ungkapnya.


    Lanjut Kades Kajarharjo juga menyampaikan pada sambutannya desa Kajarharjo setiap tahun melakukan kegiatan penyusunan RKP desa, di tetapkan untuk kegiatan dalam setahun yang ada dalam RPJM, Desa.


    “Selain itu juga agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera,”Tukas Kades Kajarharjo Hj Tinike Eka Wayan.


    Masih kata menurut Hj Tinike, pada kegiatan " Penyusunan Dan Penetapan RKPDes  itu, maksud dan tujuannya Rencana Kerja Pemerintah Desa yaitu sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan Pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa Kajarharjo,”Pungkasnya.


    Usai pemaparan pokok-pokok pikiran BPD dan Anggota rapat dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan oleh Kepala desa Kajarharjo, serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa di lanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2024.


    Pantauan media ini dilokasi kegiatan Musdes "  Penyusunan Dan Penetapan RKPDes " itu di hadiri oleh Bpk. Camat Kalibaru Drs Susanto Wibowo MM beserta stafnya, Kepala desa Kajarharjo Hj Tinike Eka Wayan, Ketua BPD Kajarharjo, Bapak Solikin, Babinsa desa Kajarharjo, Bhabinkamtibmas desa Kajarharjo, Linmas desa Kajarharjo, Ibu-ibu PKK desa Kajarharjo, Pihak Kesehatan, Bidan desa, pendamping desa Kajarharjo, Tokoh agama desa Kajarharjo yang juga selaku Ketua MWC NU kecamatan Kalibaru, Lora Fathur Rozi, Ketua RT/ RW se-desa Kajarharjo, dan seluruh perangkat atau staf desa Kajarharjo dan Lembaga desa Kajarharjo lainnya. 


    Penulis : MS

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan