• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Sekda Kab Nias Samson P. Zai,S.H.,M.H, : Kedaulatan Berada fi Tangan Rakyat

    Postnewstv.co.id
    Wednesday, July 26, 2023, 10:04 WIB Last Updated 2023-07-26T03:04:13Z


    Kabupaten Nias
    , - Pelaksanaan Sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2024 Di Kabupaten Nias, dengan Tema : Membangun Partisipasi Masyarakat Dalam Mensukseskan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Nias, bertempat di Gedung Serba Guna Howu-Howu Kecamatan Gido Kabupaten Nias, Selasa (25/07/2023).


    Sekda Kabupaten Nias Samson P. Zai,S.H., M.H, sebagai Narasumber menyampaikan bahwa pada pelaksanaan sosialisasi pemilihan umum tahun 2024 di dasari dengan latar belakang Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah memuat landasan dilaksanakannya Pemilu. Pada Pasal 22 EE, dinyatakan bahwa tujuan penyelenggaraan pemilu adalah untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan wakil Presiden dan DPRD. Pemilihan umum dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali.


    Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan bahwa Pemilihan Umum menjadi sarana perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan wakil rakyat dan pemerintahan negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945.


    Selanjutnya Dasar Hukum ;

    1. Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.


    2. Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.


    3. Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024.


    Dan seterusnya Sekda Kabupaten Nias menjelaskan bahwa pemilihan umum adalah Kedaulatan berada di tangan rakyat. Bahwa makna dari Kedaulatan berada ditangan rakyat adalah bahwa rakyat memiliki kedaulatan, tanggung jawab, hak dan kewajiban untuk secara demokratis memilih pemimpin yang akan membentuk pemerintahan guna mengurus dan melayani seluruh lapisan masyarakat, serta memilih wakil rakyat untuk mengawasi jalannya pemerintahan. Perwujudan kedaulatan rakyat dilaksanakan melalui Pemilu secara langsung sebagai sarana bagi rakyat untuk memilih wakilnya,"jelas Samson P. Zai, S.H., M.H.


    Ditambahkannya, bahwa yang menentukan nasib bangsa ini adalah hak pilih rakyat pada saat adanya pemilihan umum secara langsung di TPS, untuk itu diharapkan kepada seluruh kepada masyarakat menentukan hak pilihnya siapa wakil kita baik di Ekskutif dan Legislatif,"harap Sekda Kabupaten Nias.


    Pemerintah mendukung dengan terselenggaranya pemilihan umum tahun 2024 di kabupaten Nias, dan yang bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan pemilihan umum dilaksanakan oleh penyelenggara dan pengawasan pemilu itu sendiri, dan pemerintah disini menunjukkan dukungan bukan terlibat langsung dalam pelaksanaannya,"papar Sekda Samson P. Zai.


    Penulis : ArG

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan