• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Semarak Kemerdekaan RI ke-78 Pemdes Kalibarumanis Gelar Lomba Karnaval

    Postnewstv.co.id
    Thursday, August 24, 2023, 15:13 WIB Last Updated 2023-08-24T08:13:15Z


    Banyuwangi
    , - Pemerintah desa  Kalibarumanis, kecamatan Kalibaru , kabupaten Banyuwangi merayakan HUT Kemerdekaan RI ke- 78 dengan mengadakan kegiatan lomba karnaval tingkat desa setempat pada Kamis ( 24/8/2023) sekira pukul 13.00 Wib.


    Kegiatan karnaval tersebut diikuti oleh peserta dari masing-masing sekolah  mulai dari tingkat TK, SD, SMP, RT/ RW, ibu-ibu PKK, dan masyarakat desa setempat.


    Untuk menambah kecintaan terhadap tanah air para peserta mengenakan busana adat budaya Indonesia, khususnya budaya adat kabupaten Banyuwangi, juga berbagai pakaian unik dan menarik lainnya.


    Pawai karnaval kemerdekaan kali ini, disambut sangat antusias oleh warga desa Kalibarumanis dan warga desa sekitarnya dengan dibuktikan adanya ribuan warga yang memenuhi rute yang dilalui oleh peserta pawai karnaval


    Peserta karnaval dengan mengambil start titik kumpul didepan SMPN 2 Kalibarumanis  dan vinis di lapangan bola dusun Krajan, desa Kalibarumanis,  kecamatan Kalibaru , kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.


    H. Andrian Bayu Donata, S.H, Kepala Desa Kalibarumanis kepada Reporter Post News TV saat ditemui di Start sebelum lomba Karnaval tersebut dimulai mengatakan, karnaval pada HUT RI ke ke 78 ini bukan hanya sebagai ajang perayaan, tetapi juga menjadi cara bagi warga desa Kalibarumanis untuk menunjukkan cintanya terhadap bangsa dan negara


    “Karnaval ini sebagai ungkapan bentuk syukur kita kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk membela tanah Air, Oleh karena itu, kita harus menghormati dan melestarikan serta setiap 17 Agustus kita juga wajib memperingatinya? Kan kita ini tidak ikut berperang, yang berperang kakek-kakek kita, para pejuang diseluruh NKRI," ujar H. Andrian Bayu Donata,S.H kades Kalibarumanis, Kamis (24/8/2023).


    Masih menurut kades Bayu, dengan cara meneladani semangat para pahlawan, maka mereka dapat membuat karya-karya yang kreatif dalam merayakan peringatan HUT RI ini dengan penuh semangat. Hal ini juga menunjukkan kekompakan dan kerukunan antar warga desa Kalibarumanis, khususnya warga se-kecamatan Kalibaru khususnya.


    Saya ucapkan terima kasih sebanyak - banyaknya kepada panitia dan seluruh warga desa Kalibarumanis serta mengapresiasi kegiatan Karnaval ini bisa terlaksana dan berjalan dengan lancar aman dan sukses,” ucap kades Bayu.


    Sementara itu salah satu panitia pelaksana karnaval  mengatakan telah mempersiapkan kegiatan lomba karnaval tersebut dengan sebaik -baiknya agar perlombaan ini apik dan menarik serta meriah. 


    "Kami akan berusaha semaksimal mungkin menyajikan acara karnaval ini dengan penampilan yang apik dan menarik dan meriah meskipun hanya tingkat desa. Mulai dari rangkaian acara dan rute yang dipilih, serta kostum yang dikenakan peserta. Alhamdulillah upaya kami membuahkan hasil, antusiasme peserta dan penonton luar biasa. Karnaval tersebut mampu menyedot perhatian ribuan warga sekitar untuk menyaksikan langsung kegiatan ini," ungkapnya.


    Ditempat terpisah, Eko Firmansyah salah satu peserta karnaval mengaku bersyukur dan merasa senang dan bahagia bisa mengikuti Karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini yang diadakan oleh Pemdes Kalibarumanis beserta panitia lomba karnaval.


    Ia mengajak semua warga Kalibarumanis harus menjaga kebersamaan, kekompakkan demi untuk mempererat kerukunan warga serta keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia,


    "Saya berharap semoga tahun yang akan datang akan lebih meriah lagi lomba karnavalnya dan Hadiahnya juga diharapkan akan lebih besar supaya tambah meriah," pungkasnya.


    Sementara itu pantauan Reporter Post News TV dilokasi acara, terpantau ratusan UMKM ikut serta meramaikan disepanjang Jalan raya untuk menjajakan atau menjual dagangannya kepada para penonton. Sementara itu terlihat Kades Andrian Bayu Donata,S.H bersama istri tercintanya yang diiringi oleh perangkat desa Kalibarumanis berpakaian khas adat Osing Banyuwangi  berada dibarisan terdepan.


    Penulis : MS

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan