• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Satu Rumah Warga di Kalibarumanis Ambruk Akibat Hujan

    Postnewstv.co.id
    Saturday, November 4, 2023, 09:23 WIB Last Updated 2023-11-04T02:23:25Z

    Banyuwangi, - Salah satu atap rumah warga di dusun Barurejo, RT 01/ RW 04, desa Kalibarumanis, kecamatan Kalibaru, kabupaten Banyuwangi Jawa Timur ambruk akibat hujan deras, pada Juma'at (3/11/2023) sekira pukul 06.00 Wib.


    "Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut, dikarenakan penghuni rumah saat kejadian sudah bangun dan berada  diluar. Ibu Mai (61 ) tahun sementara di ungsikan ke rumah anaknya," kata Ismanto petugas AGISENA BPBD JATIM saat ditemui dilokasi.


    Menurut Ismanto, kejadian ambruknya rumah yang berada di lereng gunung Gumitir tersebut selain karena hujan deras yang baru turun,  juga dikarenakan kondisi kayu atap rumah tersebut  sudah keropos dimakan usia. Sehingga tidak bisa menahan beban di atasnya dan akhirnya ambruk.


    "Saat kejadian, penghuninya sudah berada diluar rumah, ibu Mai seorang  janda itu tiap malam tidur bersama cucunya bernama Diki Firnanda yang  masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Untuk sementara, ibuk Mai sampai rumahnya dibetulkan terlebih dahulu mengungsi ke tempat  anaknya yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Pada  peristiwa tersebut tidak terdapat korban luka maupun korban jiwa. Dan kerugian yang dialami ibu Mai kurang lebih Rp 3 juta. Kami selaku petugas AGISENA BPBD Jatim bersama Kepala desa Kalibarumanis, PB-BPBD kecamatan Kalibaru, TRC PB-BPBD wilayah kecamatan Kalibaru-Glenmore melakukan pendataan material bantuan yang akan kami ajukan ke BPBD kabupaten Banyuwangi," katanya.


    Menurut dia, seluruh petugas bersama  pihak Pemerintah desa mengetahui ada Salah satu rumah warga abruk langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP ) untuk melakukan pendataan terkait bantuan darurat dan lainnya.


    "Kami pun sudah berkoordinasi dengan dinas BPBD kabupaten Banyuwangi, terkait untuk segera menyalurkan bantuan material bangunan untuk memperbaiki rumah itu," jepasnya.


    Sementara itu, Kepala desa Kalibarumanis H. Andrian Bayu Donata SH mengimbau kepada  seluruh masyarakat desa Kalibarumanis, khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana untuk selalu waspada, jagalah kebersihan dan jangan membuang sampah di sembarang tempat. Seperti membuang sampah disaluran drainase atau sungai, apabila ada saluran yang tersumbat akibat sampah, tolong segera diangkat atau dibersihakan. Mengingat cuaca kedepannya sudah memasuki musim penghujan.


    " Saya himbau kepada masyarakat desa Kalibarumanis untuk membiasakan hidup bersih. Jangan membuang sampah di sembarang tempat, seperti disaluran drainase ataupun dialiran sungai. Supaya apabila hujan deras tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan. Terkait rumah ibuk Mai ini, kami bersama petugas lainnya turun kelokasi untuk melakukan pendataan. Dan nanti rumah ibuk Mai berstatus janda yang tiap harinya mengais rejeki di Jalan lintas Gumitir, rumah tersebut pengerjaannya akan di kerja baktikan. Kata Kades Bayu kepada Reporter Post News TV saat ditemui dilokasi.


    (MS/Admin)

    Komentar

    Tampilkan