• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Pelatihan PKK Desa Sihare'o III Kecamatan Ma'u Kabupaten Nias Berlangsung Sukses

    Postnewstv.co.id
    Sunday, December 3, 2023, 10:59 WIB Last Updated 2023-12-03T03:59:20Z

    Kabupaten Nias - Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)  desa Sihare'o III kecamatan Ma'u mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas tugas dan fungsi PKK desa tahun anggaran 2023, dilaksanakan di kantor desa Sihare'o III, Sabtu (2/12/2023).


    Kata pembukaan singkat ketua PKK desa Sihare'o III, Yaniari Gulo,S.Pd menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan sehingga kita dapat berkumpul bersama mengikuti pelatihan ini, dan kami berterimakasih kepada bapak camat Ma'u, dan ibu ketua PKK kecamatan Ma'u dan beserta rombongannya,"ucapnya.


    Lanjutnya, menyampaikan bahwa kita sebagai anggota PKK desa Sihare'o III mengikuti pelatihan pemberdayaan agar ada peningkatan mutu, tentunya kita berharap agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh - sungguh agar menjadi bekal untuk mengelola keperluan rumah tangga,"harap ketua PKK Yaniari Gulo,S.Pd.


    Sambutan singkat kades Sihare'o III, Anianus Halawa menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan pemberdayaan PKK di desa Sihare'o III merupakan momen yang baik untuk belajar khususnya para ibu-ibu. 


    Kadesnya berharap agar anggota PKK di desa Sihare'o III memiliki keterampilan dalam pembuatan kripik pisang misalnya, makanya jangan di sia-siakan kesempatan ini,"ujar kades Sihare'o III mengakhiri.


    Camat Ma'u, Arosokhi Gulo,S.H., dalam arahannya menyampaikan bahwa kami menyambut baik pelatihan PKK di desa Sihare'o III, dan ini merupakan perdana ibu ketua PKK kecamatan Ma'u, dan tentu tujuannya adalah agar lebih beraktivitas terkait pengelolaan makanan lokal"ujar camat Ma'u.


    Dan kita telah merasakan apa dampak krisis ekonomi, daya jual harga komoditi jauh dari harapan kita karena murah sementara harga daya beli misalnya beras mahal, makanya dihadirkan pelatih untuk PKK di desa Sihare'o III pada khususnya agar dapat mengelola makan lokal seperti pisang dijadikan kripik, kalau selama ini pisangnya hanya direbus kalau boleh dikelola dengan baik setidaknya meringankan beban dalam keperluan rumah tangga,"pinta dan harap camat Ma'u.


    Untuk itu saya harapkan kepada narasumber atau tim pelatih memberikan ilmunya sehingga tim PKK langsung dipraktekkan dan dikerjakan,"ucap camat Ma'u mengakhiri.


    Sementara Ketua PKK Kecamatan Ma'u ibu Ny. Camat Ma'u, Rita Mendrofa,S.Pd menyampaikan rasa bahagianya boleh bertemu dengan tim PKK desa Sihare'o III walaupun bukan hal perdana kita kita sering bertemu dalam momen kegiatan di tingkat kecamatan, namun kehadiran kami di desa Sihare'o III merupakan perdana dalam rangka pelatihan PKK di desa Sihare'o III.


    Terus ketua PKK kecamatan Ma'u, Ny. Camat Ma'u Rita Mendrofa,S.Pd mengatakan bahwa PKK adalah perempuan hebat yang memiliki tanggung jawab besar dilingkungan masyarakat dan keluarga.


    Menjadi anggota PKK itu kita dilindungi oleh hukum dan undang-undang.


    Ketua PKK kecamatan Ma'u, Ny. Camat Ma'u Rita Mendrofa,S.Pd menyampaikan 10 program pokok PKK antara lain:

    1. Penghayatan dan pengamalan Pancasila

    2. Gotong royong

    3. Pangan

    4. Sandang

    5. Perumahan dan pelaksana rumah tangga

    6. Pendidikan dan keterampilan

    7. Kesehatan

    8. Pengembangan kehidupan berkoperasi

    9. Kelestarian lingkungan hidup

    10. Perencanaan sehat


    Dalam mengikuti pelatihan PKK di desa Sihare'o III semoga bermanfaat bagi masyarakat dan keluarga pada khususnya dan memiliki peran dan tanggung jawab sebagai perempuan yang hebat dan menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat," Ny.camat Ma'u mengakhiri.


    (ArG)

    Komentar

    Tampilkan