• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Jelang Pemilu Serentak 2024, Disdukcapil Ramai Dipadati Warga, Ini Penjelasan Adi Darma

    Tuesday, January 16, 2024, 23:58 WIB Last Updated 2024-01-16T16:58:50Z


    Aceh Tamiang - Menjelang pemilihan umum (Pemilu) Pemilihan Calon Legislatif dan Pemilihan Presiden 2024, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tamiang Dipadati Warga untuk mengurus berkas dan surat-surat kependudukan.


    Seperti halnya terlihat di Kantor Disdukcapil Aceh Tamiang, Selasa, (16/01/2024) sejumlah warga dari berbagai elemen berdatangan ke kantor Disdukcapil untuk mengurus surat-surat kependudukannya.


    Salah seorang warga, Muhamad Arfi, yang berasal dari Kecamatan Karang Baru, mengaku datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).


    “Saya ingin buat e-KTP, karena KTP saya tulisan dan fotonya sudah tidak bisa terbaca,” katanya.


    Ia mengatakan, tujuan pembuatan e-KTP tersebut selain untuk identitas diri juga untuk berpartisipasi dalam Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang serta untuk keperluan administrasi lainnya.


    Sementara itu, Kepala Dinas Didukcapil Aceh Tamiang, Adi Darma, saat di temui di ruang kerja, Selasa, (16/01/2024) mengatakan, menjelang Pemilu 14 Februari 2024 mendatang terjadi peningkatan, berkisar mencapai 50 persen, sebutnya.


    Menurutnya, pemilu serentak sudah tinggal menghitung hari, oleh karena itu saat ini Disdukcapil terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat.


    Dijelaskannya, dalam per harinya, bisa mencapai 350 – 400 berkas kependudukan yang dicetak, termasuk didalamnya, perekaman e-KTP, ganti KTP yang rusak, KK, perubahan status dan lainnya.


    Kondisi meningkatnya pelayanan ini sudah berlangsung sejak November 2023 lalu, kata Adi Darma yang akrab disapa Abu.


    Selain itu, tambah Adi Darma, jelang pemilu 2024 ini, terhitung sejak Januari 2024 kita juga harus menyelesaikan sebanyak 1480 perekaman e-KTP khusus bagi pemilih pemula, dan target itu harus selesai, terangnya.


    Ia juga mengatakan, menjelang pemilu, Disdukcapil Aceh Tamiang telah melakukan antisipasi peningkatan ini dengan mempercepat pembuatan KTP-el melalui jemput bola, dengan cara mendatangi desa-desa.


    Tidak hanya pada jam kerja, kita juga melakukan perekaman e-KTP diluar jam kerja, seperti di hari Sabtu-Minggu melalui jemput bola, dengan cara mendatangi desa-desa, kata Adi Darma sembari mengatakan, Insya Allaah, target perekaman e-KTP bagi pemilih pemula akan dapat diselesaikan sesuai targetnya.


    (Saifan Abdillah)

    Komentar

    Tampilkan