• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Program UKW Gratis, Lanjut di Gelar Pengurus PWI se-Indonesia

    Admin Joni
    Friday, April 5, 2024, 22:33 WIB Last Updated 2024-04-05T15:33:14Z

    Jakarta,- 
    Usai Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melalui Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) akan kembali gelar lanjutan UKW gratis untuk 38 Provinsi se-Indonesia yang salah satu daerahnya adalah di PWI Riau.


    UKW gratis ini, menurut Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun didampingi Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah pada Rabu, (3/4/2024) menjelaskan "UKW gratis ini telah terjadwal sebelumnya di seluruh PWI Provinsi, yang sempat tertunda sesuai jadwal pengajuan pengurus PWI Provinsi," jelasnya.


    Ada Beberapa Pengurus PWI daerah yang telah siap melaksanakan UKW ini ujar Hendry, salah satunya adalah Provinsi Papua Tengah, yang akan menggelar UKW di daerah ibukota kabupaten Nabire, sebanyak lima kelas yang akan mengikuti seleksi ini pada tgl 18-19 April 2024 mendatang, dilanjutkan Provinsi Riau yang terdiri dari enam kelas pada tgl 23-24 April 2024 dan kemudian di Provinsi Sumsel dengan peserta sebanyak 8 kelas pada tgl 26-27 April 2024 dan di susul Provinsi Kepri dengan enam kelas, pada tgl 3-4 Mei 2024.


    Dengan dilanjutkan nya UKW Gratis yang sempat tertunda, para ketua pengurus PWI Provinsi menyambut dengan antusias. Seperti halnya Ketua PWI Kepulauan Riau Andi Gino saat dimintai tanggapan oleh awak media menyampaikan, "terima kasih kepada sponsor dan PWI Pusat yang telah memahami kebutuhan anggotanya untuk meningkatkan kualitas wartawan," ujarnya. 


    Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PWI Sulawesi Tenggara Sarjono, menurutnya program UKW terobosan PWI ini sangatlah tepat untuk meningkatkan kualitas wartawan anggota PWI. “Apalagi ini programnya gratis dan telah ditunggu-tunggu anggota PWI,” ujar Sarjono.


    Bahkan Ketua PWI Sumsel Kurnaidi juga menyatakan," UKW PWI ini sangat membantu dalam meningkatkan kualitas wartawan di daerah," katanya. 


    Menurut Hendry Ch Bangun yang biasa dipanggil HCB, minimal untuk tahap periode April - Mei 2024 ini akan dilaksanakan UKW di 10 Provinsi. Beberapa daerah Provinsi telah melakukan proses uploud data peserta UKW.


    Di antaranya, PWI Provinsi Sultra, PWI Sulteng, PWI Jawa Timur, PWI Sumbar, dan satu Provinsi dari Kalimantan yang pilihannya antara Kalsel atau Kaltara.


    Dengan dilaksanakan UKW PWI di 10 Provinsi ini menurut HCB, secara simultan akan meneruskan program UKW Gratis PWI Pusat bersama BUMN yang telah digelar di 10 PWI Provinsi pada waktu sebelumnya. Dengan demikian total PWI Provinsi yang telah melaksanakan program UKW Gratis PWI ada sebanyak 20 cabang PWI Provinsi.


    “Setelah kick off pada akhir Desember 2023, program UKW Gratis PWI Pusat bersama BUMN yang telah sukses dilaksanakan di 10 PWI Provinsi sebelumnya, yakni di Papua Induk, Papua Selatan, Sulawesi Utara, Aceh, Yogyakarta, NTB, NTT, Bengkulu, Lampung, dan PWI Provinsi Kalteng,” jelas Hendry CH Bangun.


    Selain pelaksanaan program UKW Gratis PWI dalam tahun anggaran 2024 ini, menurut Direktur Lembaga UKW PWI Pusat Firdaus Komar melalui usulan PWI Provinsi, ada sebanyak 21 PWI Provinsi yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan UKW Gratis dengan difasilitas Dewan Pers. Gelaran UKW fasiiitas DP ini telah dimulai oleh Lembaga UKW PWI pada 7-8 Maret 2024 di PWI Sumut. 


    Pada bagian lain, Direktur lembaga UKW Firdaus Komar juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Kementerian BUMN yang telah membantu gelaran UKW Gratis. Terkait keberlanjutan UKW Gratis ini, Firdaus menyampaikan tetap akan menggelar kompetisi jurnalistik. 


    Menurut Firdaus komar, peserta UKW Gratis PWI Pusat tetap memiliki kesempatan mengikuti lomba kompetisi jurnalistik seperti halnya UKW Gratis PWI bersama BUMN dengan memperebutkan total hadiah Rp 50 juta.


    Kompetisi jurnalistik khusus bagi peserta yang mengikuti UKW Gratis PWI tidak terpisahkan dengan peserta yang lebih awal telah mengikuti UKW Gratis. Kick-off-nya pada Kamis dan Jumat 28/29 Desember yang secara serentak akan dilaksanakan PWI di tiga daerah sekaligus, yakni Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Banda Aceh Provinsi Aceh.


    Secara teknis kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI ini menurut Firdaus, wajib memenuhi kriteria sebagai berikut:  
    Thema tulisan lomba tetap mengacuh pada topik terkait BUMN yaitu “peran BUMN terhadap kemajuan pers melalui UKW." Seiring dengan lanjutan program UKW gratis ini maka topik lomba dapat juga mengenai “Peran strategis UKW meningkatkan kualitas pers Indonesia”.


    Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba berupa feature dengan minimal 1.500 karakter. Selanjutnya karya yang dilombakan dikirimkan ke link yang telah disediakan oleh admin PWI Pusat, dilaksanakan setelah berselang tiga hari pelaksanaan UKW yang digelar di masing-masing daerah.


    Terkait pelaksanaan UKW Gratis PWI, yang akan digelar di 38 PWI Provinsi dan juga PWI Surakarta, maka PWI daerah yang akan melaksanakan UKW Gratis perlu menyiapkan administrasi berkas peserta sesuai ketentuan yang berlaku di Lembaga UKW PWI. Kemudian PWI Provinsi melakukan koordinasi untuk memastikan teknis pelaksanaan UKW dengan Lembaga UKW PWI yang berkaitan dengan waktu dan tempat pelaksanaan.


    Setelah langkah langkah tersebut selesai dilaksanakan, barulah PWI Provinsi diwajibkan memberitakan atau mempublikasikan melalui rilis berita, yang berkaitan dengan penyelenggaraan UKW Gratis dari PWI tersebut. 







    Pewarta : JS
    Editor : Jhony
    Komentar

    Tampilkan