• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Pertamina Hulu Rokan Bayarkan Kompensasi Melalui Pt Elnusa, Warga Dilintasi Survey Seismik 3D

    Postnewstv.co.id
    Friday, May 10, 2024, 10:10 WIB Last Updated 2024-05-10T03:10:07Z

    Bangko Pusako, Rohil - PT. Elnusa Tbk lakukan pembayaran kompensasi kegiatan dari Survei Seismik 3D Balam Sout heast untuk Desa Bangko Jaya pada Kamis, (09/05/2024).


    Bertempat di halaman kantor Pospol KM.8 Desa Bangko Permata, PT. Elnusa Tbk lakukan pembayaran kompensasi kepada warga. 


    Sekitar ± 2.500 warga penerima kompensasi hadir di Desa Bangko Jaya, yang lahannya dilintasi kegiatan survei seismik.


    Hadir saat acara berlangsung, Camat Bangko Pusako Drs. Adnan, MM, Kapolsek Bangko Pusako Iptu Awi Ruben, SH, Bhabinkamtibmas, Danramil Bangko Pusako Kapten (Arh) Iswandi Babinsa, Penghulu Desa Bangko Jaya Suhardi, A.Mk, Kapospol KM.8 Bripka Deni Nainggolan serta Reza Fathoni selaku Humas PT. ElnusaTbk.


    Penghulu Desa Bangko Jaya dalamsambutan nya mengatakan, ”Pelaksanaan kegiatan Survei Seismik 3D Balam South east, yang dilaksanakan oleh PT. Elnusa Tbk di Kecamatan Bangko Pusako, adalah program Pemerintah Pusat melalui PT. Pertamina Hulu Rokan. Yang merupakan Proyek Vital Nasional, untuk itu kita wajib mendukung nya,” ungkap Suhardi.


    Suhardi berharap," dalam pembayaran kompensasi ini, apabila ada warga yang merasa kurang puas di lapangan, segera berkoordinasi dengan petugas yang mendata dan panitia desa,” tutup Penghulu Bangko Jaya.


    Sementara itu Camat Bangko Pusako Drs. Adnan, MM dalam arahannya menyampaikan, "kompensasi pelaksanaan Survei Seismik 3D Balam SE, bersifat sesaat, dan  bukan berkelanjutan. Bagi Bapak/Ibu yang mendapatkan kompensasi ini jangan berkecil hati karena hanya sekali ini, oleh sebab itu mohon untuk dipahami dan dimengerti. 


    "Agar apa yang menjadi proyek vital nasional ini dapat kita dukung dan terlaksana dengan baik. Sehingga mendapatkan hasil yang positif untuk masyarakat banyak” ucap Camat.


    Selanjutnya, Humas PT. Elnusa Tbk Reza Fathoni dalam penjelasannya menyampaikan," bahwa ada beberapa desa di wilayah Kecamatan Bangko Pusako yang dilintasi oleh kegiatan survey seismik 3D Balam SE, diantaranya adalah Bangko Jaya, Bangko Permata, Bangko Pusaka, Bangko Bakti dan Pematang Ibul" ujarnya.  


    "Pembayaran kompensasi ini akan dilakukan terus secara bertahap, hingga seluruhnya dapat direalisasikan guna memenuhi tanggung jawab mengikuti aturan yang berlaku,” jelas Reza.


    Lanjut Reza, “perlu agar diketahui bahwa apa yang kami berikan sebagai kompensasi ini, sesuai dengan data yang ada di lapangan. Adapun permasalahan lain yang timbul akibat dari pekerjaan survey seismic, menjadi tanggung jawab PT Elnusa Tbk dan akan diselesaikan hingga tuntas” jelasnya.


    Dilokasi Acara, tanggapan dari warga dusun Wonosari, Desa Bangko Jaya Juliani dimintai tanggapan mengatakan, " Sangat Apresiasi dan menyambut baik pembayaran kompensasi dari PHR yang dilakukan oleh PT. Elnusa Tbk ini. Hal ini diberikan atas kegiatan proyek Survei Seismik 3D Balam SE yang telah berlangsung.


    Ia juga berharap, "apa yang menjadi dampak akibat proyek ini kiranya segera ditindak lanjuti, agar warga bisa merasa nyaman, dan tak ada yang merasa dirugikan akibat kegiatan ini,” ucap Juliani.


    Sementara itu ditempat terpisah, Raditya Sais Putra, selaku Pengawas Lapangan Departemen Eksplorasi PHR, untuk kegiatan Survei Seismik 3D Balam SE menjelaskan, “Tentunya kami (PHR) tidak ingin meninggalkan kesan negative terhadap pekerjaan ini."ujarnya


    Sehingga kegiatan kompensasi yang dilaksanakan oleh PT. Elnusa Tbk sebagai pelaksana utama kegiatan pada hari ini, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab moral dari PHR kepada warga yang terdampak. Tentunya apa yang kami berikan semua berdasarkan aturan yang berlaku di Kabupaten Rokan Hilir" jelas Raditya. 


    "Kami berharap dengan adanya kegiatan ini membawa keberkahan kepada seluruh stakeholder yang terlibat.” ucapnya.


    Pantauan awak media dilapangan, kegiatan pembayaran kompensasi yang dilakukan Pertamina Hulu Rokan (PHR) kepada warga Desa Bangko Jaya yang dilaksanakan oleh PT. Elnusa Tbk, adalah warga yang terlintasi Survei Siesmik 3D Balam SE.  


    Selama acara berlangsung situasi terpantau aman dan terkendali. Acara yang dilaksanakan sejak pukul 09.00 wib akan dilanjutkan esok hari.**


    (Jekson, S.H)

    Komentar

    Tampilkan