• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Belajar Berwirausaha SDN 1 Kajarharjo Gelar Bazar Anak Untuk Siswa Kelas 4, 5 dan 5

    Postnewstv.co.id
    Sunday, July 28, 2024, 09:40 WIB Last Updated 2024-07-28T02:40:41Z

    Banyuwangi - Penyelenggaraan bazar pada umumnya di gelar oleh Kelompok Ibu – ibu PKK pada momen -momen tertentu. Kali ini Guru SDN 1 Kajarharjo,  yang berlokasi di Dusun Krajan, Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur  mencoba membangun Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P.5 ) sebuah kegiatan Prakarya sekolah pada saat awal masuk sekolah yang digelar pada hari Sabtu ( 27/7/2024 ) sekira pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai. Kegiatan tersebut merupakan agenda Penting di bangun untuk kemajuan Siswa- Siswi SDN 1 Kajarharjo.


     Sementara itu menurut Kepala sekolah SDN 1 Kajarharjo, Triwidayani, Spd saat ditemui oleh Reporter Post News TV, Co.id menyampaikan, Kegiatan P 5 merupakan singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak maka kegiatan P5 pagi hari ini berlangsung sangat meriah. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar.


    " Kegiatan P 5 ini bertujuan untuk mengudukasi hobi-hobi anak-anak dan juga untuk melatih mental siswa-siswi  pada dunia bisnis. Karena kita ketahui bersama kedepan ini tantangan pekerjaan sangat ketat sekali. Kalau anak-anak kita sudah dilatih mulai saat ini kedepannya mereka tidak akan kalah bersaing, dikarenakan sudah mempunyai keterampilan, pengetahuan berbisnis mulai dini. Dan kegiatan ini di beberapa pelajaran materinya semua masuk, " Katanya.


    Pantauan Reporter Post News TV dilokasi, kegiatan P5, pada bazar dilaksanakan mulai pagi hari sekira Pukul 08.00 Wib Oleh siswa Kelas 4 , 5 dan 6 dengan didamping oleh Para Orang tua untuk menjajagan Dagangan di lapak-lapak yang sudah disiapkan oleh para guru SDN 1 Kajarharjo. Makanan- makanan tradisional Ringan dan sehat yang dijual oleh Siswa-siswi SDN 1 Kajarharjo  meliputi ,  Es Teh, bola-hola oreo, sempol, cromboloni kini, mie goreng, donat , baso aci, jelky susu, risoles, nasi gireng, rujak buah, salad buah,  pisang goreng, jasuke, dan masih banyak sekali makanan ringan ayau jajanan lainnya yang dijual oleh siswa-siswi SDN 1 Kajarharjo. Sedangkan uang hasil Penjualan akan di bagikan kembali kepada masing – masing Kelompok usai kegiatan selesai dan hasilnya untuk kepentingan bersama 


    Ditempat yang sama, Iskak Jayadi selaku Ketua Komite SDN 1 Kajarharjo  juga menyampaikan,  Tujuan diadakanya kegiatan bazar ini yaitu, untuk memperkenalkan produk hasil karya siswa -siswa dibantu wali murid. 


    "Diadakannya Bazar tersebut tujuanya agar para siswa mampuh belajar menjadi pelaku usaha di kemudian hari sebagai penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil dan di awali dari lingkungan sekolah, dengan mengasah jiwa entrepreneurship ( wirausaha ) sejak dini dengan mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama, tanggung jawab, dan pantang menyerah. Kegiatan tersebut merupakan salah satu ajang kompetisi antar kelompok untuk menampilkan produk makanan sehat dan desain stand terbaik untuk mengimplementasikan ilmu," jelas Iskak Jayadi.


    Bazar anak SDN 1 Kajarharjo di buka oleh Kepala sekolah dan Komite disamping itu para guru juga berkeliling meninjau ke seluruh stand bazar anak untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada para siswa dan Orang tua Murid sambil memberikan semangat para siswa yang bertugas di stand bazar tersebut, Semoga kegiatan ini bisa menjadi awal lahirnya para entrepreneur muda yang kelak akan menciptakan lapangan kerja dikemudian hari dan akan menjadi anak yang cerdas berbakti pada orang tua bangsa dan Negara.


    (MSholeh)

    Komentar

    Tampilkan