• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Polres Kendal Gelar Simulasi Sispamkota

    Thursday, August 22, 2024, 10:36 WIB Last Updated 2024-08-22T12:14:50Z

    KENDAL - Mapolres Kendal Polda Jateng, menggelar peragaan simulasi, Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk persiapan Pilkada Serentak 2024, bertempat di Jalan Stadion Utama Kebondalem, Kendal, Kamis (22/8/2024) pagi.


    Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi Operasi Praja Candi 2024, yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama, Calon Bupati dan Wakil Bupati, yang akan berlangsung pada tahun 2024 di Kabupaten Kendal.


    Adapun kegiatan dihadiri oleh berbagai pihak penting diantaranya perwakilan dari Bupati Kendal, Ketua DPRD-Kendal, Kodim 0715/Kendal, diikuti Kesbangpol serta perwakilan dari Kejari, Dinas Perhubungan, Pengadilan Negeri Kendal, dan beberapa instansi lainnya.


    Simulasi dimulai dengan pembukaan dan doa, kemudian dilanjutkan dengan peragaan berbagai skenario yang mungkin terjadi selama proses Pilkada, mulai dari pendistribusian logistik, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.


    Salah satu bagian penting dari simulasi ini adalah penanganan unjuk rasa yang diproyeksikan terjadi di kantor KPU. Tim Negosiator Polwan Polres Kendal berupaya menenangkan massa yang awalnya berjalan damai namun berubah menjadi anarkis setelah penjelasan dari Ketua KPU dianggap tidak memuaskan oleh para demonstran.


    Situasi memanas hingga dilakukan lapis ganti dari Dalmas Polres Kendal. Awal menjadi Dalmas Lanjut, namun massa semakin anarkis sehingga memaksa petugas menggunakan kendaraan taktis AWC dan tembakan gas air mata oleh Unit Pengurai Massa (Raimas) untuk membubarkan massa.


    Sementara itu, Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan, melalui Kabag Ops Polres Kendal, Kompol Abdullah Umar, menyampaikan bahwa simulasi ini sangat penting untuk memastikan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai potensi ancaman keamanan selama proses Pilkada berlangsung tersebut.


    “Kami berkomitmen untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif selama seluruh tahapan Pilkada Tahun 2024, berlangsung khususnya di Kabupaten Kendal” ujarnya 


    Lebih lanjut ditempat yang sama Wakapolres Kendal, Kompol Indra Jaya, mengatakan dengan kegiatan ini pula pihaknya menunjukkan ke publik bahwa Polri berkolaborasi dengan TNI dan seluruh stakeholder, siap melaksanakan kegiatan pengamanan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024.


    “Dari simulasi tersebut melibatkan dari Polres Kendal. Sejumlah 625 personel dibantu TNI sekitar 300, nantinya untuk keamanan Pilkada 2024, kegiatan latihan tersebut untuk mengamankan dari sisi situasi hijau, kuning, sampai merah. Terlihat apabila terjadi potensi gangguan situasi kamtibmas, maka pengamanan yang dilakukan sesuai Standar Operasional (SOP) sehingga tepat guna dan peruntukkannya,” lanjut Wakapolres


    Dengan adanya simulasi ini diharapkan seluruh pihak yang terlibat dapat lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, sehingga Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Kendal dapat berjalan lancar dan aman damai."pungkasnya 


    Prawoto/Admin

    Komentar

    Tampilkan