• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Bertemakan " Penguatan Sosial Ekonomi Masyarakat Pemdes Kajarharjo Gelar Musrenbangdes

    Postnewstv.co.id
    Thursday, September 19, 2024, 13:02 WIB Last Updated 2024-09-19T06:02:35Z

    Banyuwangi - Dipertengahan bulan Sembilan, tahun 2024 ,beberapa pemerintah desa (Pemdes) disibukan dengan kegiatan Musyawarah- Musyawarah Perencanaan Pembangunan desa (Musrenbandes).


    Salah satunya seperti yang dilakukan Pemdes Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, pada Kamis (19-9-2024) melaksanakan Musrenbangdes dalam rangka membahas dan menyepakati Rancangan   RKPDes tahun 2025, Rancangan DU-RKP Desa Tahun 2026 dengan tema   " Penguatan Sosial Ekonomi Masyarakat " . Kegiatan yang bertempat di pendopo  kantor desa Kajarharjo itu dihadiri Camat Kalibaru, Danramil 0825 Kalibaru, Kapolsek Kalibaru,  Kepala desa beserta perangkat desa , Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Ketua BPD dan anggota , Tokoh agama,  Ketua RT/RW ,Tokoh Masyarakat, dan para Kepala se-desa Kajarharjo, ibu-ibu PKK desa Kajarharjo, tokoh Pemuda dan pendamping desa.


    Hj Tinike Eka Wayan Kepala desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru pada sambuyannya mengatakan musyawarah rencana pembangunan desa ini menjadi dasar dalam penyusunan Rencana kerja Pemerintah desa (RKPDes) untuk tahun 2025.


    RKPDes adalah dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa,” ucapnya.


    “Terwujudnya rencana kerja pemerintah desa pertahunnya merupakan bentuk upaya dalam terwujudnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes),” imbuhnya.


    Tinike  melanjutkan, kegiatan Musrenbangdes ini selain menentukan sekala prioritas kegiatan juga untuk menyepakati program-program apa saja yang akan dilaksanakan dan dibiayai oleh APBDes.


    “Kegiatan yang tidak bisa dibiayai APBDes akan diusulkan melalui Musrenbang kecamatan . Untuk itu partisipasi saran dan masukan dari masyarakat sangat diperlukan untuk kemajuan pembangunan desa. Dan untuk kegiatan pembangunan Pemdes Kajarharjo mulai tahun:


    1. Tahun 2020   24 titik

    2. Tahun 2021   21 titik

    3. Tahun 2022  13 titik

    4. Tahun 2023  22 titik

    5. Tahun 2024  18 titik ,” jelas Tinike.


    Hj Tinike Eka Wayan menghimbau masyarakat supaya jangan pernah bosan-bosan menyampaikan aspirasi untuk membangun desa, dan bersama-sama ikut mengawal dan mengikuti selalu apa yang telah diusulkan dalam Musrenbangdes.


    Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan Musrenbangdes semua warga desa Kajarharjo  dapat mengetahui lebih jauh dan lebih berpartisipasi lagi dengan program-program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa


    Sementara itu ditempat yang sama Camat Kalibaru Drs Susanto Wibowo, MM mengatakan Musrenbang jangan hanya dijadikan sebatas seremonial saja melainkan memiliki makna penting dan strategis dalam menyampaikan usulan -usulan yang telah disampaikan masyarakat.


    “Mungkin tidak semua usulan bisa direalisasikan ,karena ada usulan yang sifatnya perioritas ,namun kita semua berharap realisasi atas usulan ini nantinya bisa terwujud “,ujarnya.


    Lebih lanjut Susanto Camat Kalibaru menambahkan,  tujuan utama Musrenbangdes merupakan Musyawarah Perencanaan Desa yang dimana materi Musrenbangdes RKP desa 2024 ini merupakan implementasi dari pedoman penyusunan RKPDes


    Kegiatan Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) ditingkat desa merupakan salah satu momen penting dalam rangka perencanaan pembangunan yang partisipatif dan transparan “ tambah  Susanto.


    Dia juga menjelaskan “Musrenbang desa adalah wadah bagi kita semua untuk bersama-sama merencanakan masa depan yang lebih baik,saya sangat mengapresiasi partisipasi aktif warga desa Kajarharjo. Mari bersama-sama kita perjuangkan pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh warga desa


    Drs Susanto juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah kecamatan dan desa dalam mewujudkan visi dan misi dimana kehadiranya memberikan semangat baru dalam upaya pembangunan wilayah .  “tegas camat Kalibaru itu.


    Harapan kami selaku Forkopimcam semua pihak untuk fokus pada program -program yang berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat termasuk infrastruktur ,pendidikan ,kesehatan dan ekonomi”pungkas Drs Susanto Wibowo,MM.


    Sementara itu, pantauan Reporter media Post News TV  dilokasi, kegiatan MUSRENBANGDesa yang dipimpin langsung oleh  Sekdes Kajarharjo tersebut berjalan dengan tertib dan lancar sampai.dengan selesai.


    (MSholeh)

    Komentar

    Tampilkan