• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara, Pasangan Bobby nomor Urut .1 Dan Edy Rahmayadi Pasangannya Mendapat Nomor Urut 2

    Postnewstv.co.id
    Tuesday, September 24, 2024, 10:23 WIB Last Updated 2024-09-24T03:23:59Z

    SUMUT - Acara Pengundian nomor urut untuk pasangan calon Gubernur Sumatera Utara dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Jl. Sutomo No.1, Perintis, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara pada, Senin (23/9/2024) dimulai sekitar jam 19.00 Wib.


    Mekanisme pengambilan nomor urut pasangan calon gubernur mengikuti mekanisme KPU RI waktu pengundian nomor urut pasangan calon Presiden di Pilpres 2024. Nantinya, nomor urut itu yang dipakai untuk kampanye, dan ada di kertas suara.


    Pengundian nomor urut tersebut   dilaksanakan setelah adanya  hasil rapat pleno secara tertutup oleh anggota  KPU Sumut dengan berita acara nomor: 475/PL.02.2-BA/12/2024 yang berlangsung di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Minggu 22 September 2024.


    Dalam sidang Pleno tertutup tersebut  telah ditetapkan dua pasangan Calon berdasarkan persyaratan dan berkas yang telah didaftarkan kedua pasangan calon, dan berkas tersebut telah diverifikasi oleh KPU provinsi Sumatera Utara dan telah lengkap secara administrasi dan persyaratan lainnya untuk maju sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur  Sumatera Utara pada Rabu, 27 Nopember 2024.


    Paslon yang ditetapkan adalah Bobby Nasution-Surya diusung oleh partai, Gerindra, Golkar, NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN),  Partai Persataun Pembangunan (PPP), Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dengan menggunakan jumlah perolehan suara sah DPRD Provinsi Sumut pada Pemilu Tahun 2024 sebanyak 5.493.530 suara sah.


    Kemudian, paslon Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala diusung oleh partai, PDI Perjuangan, Partai Gelora, Partai Gelora, Partai Hanura, Partau Ummat dan Partai Kebangkintan Nusantara (PKN) dengan menggunakan jumlah perolehan suara sah DPRD Sumut pada Pemilu Tahun 2024 sebanyak 1.820.883 suara sah.


    Selain ketua KPU Prov Sumatera Utara Agus Arifin rapat pleno  ini juga dihadiri seluruh Komisioner KPU Sumut, Robby Efendi Hutagalung, Frendianus Joni Zebua, Kotaris Banurea, Raja Ahab Damanik, El Suhaimi dan Sitori Mendrofa


    Tampak ratusan massa  dari partai pendukung masing masing calon mengiringi para calon Gubernur  dan Wakil Gubernur.  Pihak keamanan dari unsur TNI, Polri  di bantu para Satgas Partai turut menjaga lokasi agar tetap kondusif. 


    Kedua pasangan tersebut di dampingi maupun istri masing masing. Tampak hadir di ruang Rapat pleno Gedung Grand Mercure lantai 2. 


    Pasangan calon Gubernur yang Pertama hadir adalah Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala, Edy hadir sekitar pukul 19.30.Wib sedangkan Bobby Afif Nasution hadir bersama Haji Surya sekitar Pukul 20.00 Wib ditemani pendukung masing masing, tampak juga Kahiyang ayu menemani Bobby saat itu.


    Setelah dilakukan pengundian untuk nomor urut masing masing,  Bobby /Haji Surya mendapatkan nomor urut 1 dan  Edy Rahmayadi / Hasan Basri Sagala di urutan nomor 2.


    Untuk Nomor urut yang telah didapatkan tersebut akan dipakai saat kegiatan kampanye dan dibuat di kertas  suara.


    Setelah dilakukan pengundian nomor urut dan penetapan dilakukan, lalu dilakukan penandatanganan berita acara oleh ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Agus Arifin beserta para komisioner KPU,  yang kemudian diserahkan ke masing masing Calon. 


    (R.S/Umar Sidik)

    Komentar

    Tampilkan