• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Nisel

    DPRD Nisel

    Sifaoita

    Kasatpol Nisel

    Kades Bawonahono


    Kominfo Nisel

    Sosialisasi Kualitas Hygiene dan Sanitasi Makan Warga Binaan Diadakan di Aula Muladi Rutan Kelas l Medan

    Postnewstv.co.id
    Wednesday, September 25, 2024, 14:20 WIB Last Updated 2024-09-25T07:20:43Z

    Medan - Kualitas hygiene dan sanitasi makan minum Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menjadi perhatian khusus bagi Rumah Tahanan Negara(Rutan) Kelas I Medan. Berbagai upaya pembenahan dilakukan mulai dari pengawasan terhadap penyelenggaraan penyajian makanan hingga Sosialisasi dilakukan terhadap Warga Binaan maupun petugas. Senin (23/09/24).


    Bertempat di Aula Muladi Rutan Kelas I Medan kegiatan sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Kasubsi Administrasi Perawatan, Nico Brata Nainggolan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Medan dalam hal ini diwakili oleh Surya Kusuma Purba dan tim sebagai pemberi materi Sosialisasi Hygiene Sanitasi Pengelolaan Pangan Penyelenggaraan Dapur Sehat. Sosialisasi ini ditujukan kepada Warga Binaan pengolah makanan dan juga Petugas di Dapur Sehat Rutan Kelas I Medan.


    Kepala Subseksi Administrasi Perawatan mengatakan kelengkapan sarana dan prasarana dapur merupakan elemen penting dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan penyajian makanan bagi WBP. “Kami lengkapi sarana dan prasarana dapur agar penyelenggaraan penyajian makanan bisa berjalan optimal. Kami juga berupaya menciptakan suasana dapur yang bersih dengan menyediakan lemari penyimpanan agar alat-alat masak dapat disimpan dengan rapi”. Ujar Nico.


    Selain sarana dan prasarana, komponen peningkatan hygiene dan sanitasi lainnya yang tidak luput dari pengawasan, yakni higienitas pengolahan makanan, mulai dari penyediaan bahan makanan, cara memasak, hingga pendistribusiannya.


     “WBP yang melaksanakan kegiatan memasak wajib menggunakan Alat Pelindung Diri, seperti masker, celemek, sarung tangan, serta menggunakan kitchen utensil yang bersih dan steril. Kebersihan kitchen utensil juga menjadi atensi utama kami. Apabila ada yang sudah mengalami korosi atau dianggap tidak layak pakai, segera kami ganti dengan yang baru,” tegas Nico.


    Setelah sosialisasi dilakukan, tim dari Dinas Kesehatan Kota Medan dibawa untuk melihat langsung kondisi Dapur Sehat Rutan I Medan. Kasubsi Adper mengharapkan dengan pengawasan yang dilakukan diharapkan dapat menciptakan lingkungan dapur yang bersih dan nyaman serta sajian makanan dengan kualitas yang baik. 


    “Sudah menjadi kewajiban kami untuk terus berbenah dan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan publik yang baik, khususnya terhadap WBP,” pungkasnya


    (Kartika SS/Ragusta)

    Komentar

    Tampilkan