• Jelajahi

    Copyright © Postnewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kaban Kesbangpol

    Kominfo Nisel

    KPU Provinsi Sumut

    Pemerintah Kabupaten Kendal Raih Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik "Kuda Sakti"

    Wednesday, October 9, 2024, 00:23 WIB Last Updated 2024-10-09T23:07:55Z

    JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kendal mendapatkan Penghargaan Atas Inovasi (Kuda Sakti) Kumpulan Data Statistik Terintegrasi sebagai Top inovasi Pelayanan Publik Kelompok Replikasi Tahun 2024, dari (Kemenpanrb) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta pada, Selasa (8/10/2024).


    Bupati Kendal Dico M Ganinduto menerima secara langsung penghargaan tersebut, pihaknya menyampaikan bahwa semua ini merupakan hasil kerja keras oleh dinas terkait guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan membuat inovasi.


    "Hasil ini, tentunya untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, karena beberapa data statistik yang ada di beberapa OPD juga saat ini sudah mulai terintegrasi di Dinas Kominfo dan itu menjadi satu pintu, sehingga kita juga bisa mengambil beberapa langkah strategis dalam memutuskan kebijakan di Kabupaten Kendal," jelas Bupati Kendal Dico Ganinduto


    Lebih lanjut pihaknya mengharapkan jika aplikasi yang ada di Kendal menjadi satu, sehingga apa yang sudah dibuat akan terus dikembangkan dan disempurnakan.


    Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas berharap Gebyar Pelayanan Prima dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik. “Bagaimana kita ini mewujudkan reformasi birokrasi berdampak sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran pemerintah," jelas Menpan RB.


    Atas hasil pengukuran kualitas pelayanan publik yang dilakukan Kementerian PANRB, Indeks Pelayanan Publik (IPP) Nasional tahun 2023 mencapai skor 3,78 dari skala 5, atau masuk kategori baik. Sedangkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Nasional mendapat skor 3,53 dari skala 4.


    Gebyar Pelayanan Prima  bertujuan dalam memberikan apresiasi atas peningkatan layanan publik dan mengusung tema “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif.”


    Adapun jumlah penerima penghargaan yang diberikan, terdiri dari 10 Penerima Penghargaan Pembinaan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan, 21 Penerima Penghargaan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik, dan 75 Penerima Penghargaan Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik.


    Sebagai informasi, evaluasi tahun 2024 dilaksanakan terhadap 634 instansi pemerintah yang terdiri dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah jumlah tersebut sebanyak (21) kementerian/lembaga diberikan penghargaan dalam kegiatan Gebyar Pelayanan Publik,"pungkasnya 


    (Prawoto)

    Komentar

    Tampilkan