KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal, memberikan bimbingan teknis pelayanan pada aplikasi Desa dan Kelurahan Online Kendal Terintegrasi (Dokar) Menuju Integrasi, Super App" di Aula Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Senin (04/11/2024), pagi
Bimtek diberikan kepada para perangkat desa se-Kecamatan Kangkung, yang nantinya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada warga yang akan mengakses pelayanan surat menyurat melalui aplikasi Dokar secara online.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendal Ardhi Prasetiyo S,S T P M.M, bahwa menjelaskan, kegiatan bimtek ini dilaksanakan sebagai upaya sebagai meningkatkan (SDM) Sumber Daya Manusia di pemerintahan Desa.
"Sehingga nantinya bisa melayani masyarakat dalam hal mengurus surat menyurat elektronik melalui aplikasi Dokar tanpa harus datang ke-Balai desa. Misalnya dalam pelayanan itu masyarakat akan meminta surat keterangan. Nah melalui aplikasi ini masyarakat sekarang tidak perlu datang langsung atau hadir di balai desa tapi bisa melalui aplikasi,”jelasnya.
Ditegaskan Ardhi bimtek ini, adalah merupakan upaya Pemerintah Kendal, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara mudah, murah dan cepat.
“Pemerintah desa itu kan sudah difasilitasi website desa yang namanya aplikasi Dokar, dan website Dokar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam hal pelayanan publik dan dalam rangka untuk mengetahui kegiatan apa saja yang ada di desa,”ujar Ardhi Prasetiyo.
Lebih lanjut Ardhi memaparkan, melalui aplikasi ini Pemdes bisa mengeluarkan surat atau keterangan yang ditanda tangani secara elektronik. Ia berharap, melalui bimtek ini bisa memaksimalkan dan meningkatkan ketrampilan mereka dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat tersebut.
“Tentunya dengan pelaksanaan bimtek ini bisa meningkatkan skill. Sehingga pelayanan yang tadinya bisa diakses beberapa jam bisa dilaksanakan beberapa menit saja. Artinya ini menuju pelayanan prima kepada masyarakat,”harap Ardhi
Menambahkan, bimtek pelayanan pada aplikasi Dokar menuju Super App ini nantinya, memudahkan warga Kabupaten Kendal, dalam mengakses layanan surat elektronik melalui aplikasi Dokar.
Ini hanya membutuhkan satu log in untuk semua layanan di Super App. Dan saat ini masih dalam proses untuk integrasi. Jadi layanan kepada warga seperti mengajukan surat keterangan di desa sudah bisa dilayani secara online 24 jam penuh selama tujuh hari tanpa henti.
Mengungkapkan, layanan ini dihadirkan Pemkab kendal dalam rangka memberikan pelayanan maksimal menuju Kendal Handal dan Smart City. Sehingga warga yang membutuhkan surat keterangan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan bisa mengakses melalui ponsel,"tutupnya Kadinas Kominfo Ardhi Prasetiyo .
Sementara itu, Kasi Pelayanan Desa Tanjungmojo Muh Lutfi Toha dalam penjelaskan, pengoperasiannya, warga cukup membuka layanan Dokar kemudian pilih sub menu. Nanti bisa diisi sesuai kolom-kolom yang telah disediakan,"tandasnya.
Peserta bimtek Kaur Umum Desa Kangkung, Anna menyampaikan adanya aplikasi Dokar dan terobosan baru ini, bisa memudahkan warga desa dalam layanan yang diberikan pemerintah kabupaten Kendal oleh dinas Kominfo Kendal,"jelasnya.
"Kami mengucapakan terima kasih terutama dalam hal adminduk tanpa datang ke-Kantor balai desa serta bisa di akses melalui smartphone dan handphone, laptop ,"pungkasnya (ADV)
(Prawoto)